Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Ikan di Dalam Kulkas

Kulkas adalah salah satu tempat menyimpan makanan yang paling esensial jaman sekarang. Banyak bahan makanan yang disimpan di dalamnya bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Salah satunya adalah ikan, yang mana dibutuhkan trik khusus untuk menyimpannya. Karena kalau sampai aroma amis ikan merebak, bisa mempengaruhi makanan lainnya. Berikut ini tipsnya.

Pertama, sebaiknya ikan dibersihkan dulu. Karena setelah dibeli biasanya ikan terkena udara luar dan darah serta lendirnya masih berlumuran di permukaannya. Setelah dibersihkan sisik dan kotorannya, Anda bisa memotongnya untuk menghemat tempat atau membiarkannya utuh.

Ikan sebaiknya diletakkan pada sebuah wadah yang diberi es batu. Beberapa jenis ikan juga memerlukan tambahan bahan seperti jeruk untuk mengurangi aroma amisnya.

Simpan ikan mentah jenis bawal, mujahir, lele dan sebagainya di freezer. Ini akan menjaga kualitas lemak omega 3 dan teksturnya. Serta daging ikan akan tetap segar. Untuk ikan jenis tuna dan tongkol bisa disimpan di kulkas non freezer, namun jangan disimpan dalam waktu lama.

Jangan mendekatkan ikan pada makanan matang dan manis seperti puding, es krim yang tak tertutup, biskuit dan sebagainya. Karena bisa mempengaruhi rasa dan aroma.

Itulah tips menyimpan ikan di kulkas yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading