Sukses

Lifestyle

Ingin Melelehkan Cokelat Dengan Benar? Bisa, Begini Caranya...

Siapa sih yang nggak suka sama cokelat. Saya pastikan, hampir semua orang suka dengan cokelat. Apalagi, jika cokelat tersebut rasanya manis dan lembut di mulut. Mmm, rasanya makan sebanyak apapun, cokelat akan tetap membuat kita suka dan nyaman dengannya. Nah, mendekati hari raya Natal, salah satu camilan atau makanan yang perlu di sajikan di rumah adalah cokelat. Dan untuk menyajikan cokelat ini sendiri, kamu bisa mencetak cokelat sendiri di rumah.

Biasanya, sebelum dicetak, cokelat akan dilelehkan terlebih dahulu. Dan agar cokelat yang dilelehkan tetap berkualitas bagus, saat melelehkan cokelat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah dalam melelehkan cokelat, hal ini bisa saja membuat cokelat rusak dan mengalami perubahan rasa maupun warna. Gimana sih melelehkan cokelat dengan baik dan benar itu? Jika kamu penasaran, inilah beberapa cara melelehkan cokelat dengan baik dan benar.

    Potong Kecil-Kecil Cokelat

    Cara pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin melelehkan cokelat adalah dengan memotong kecil-kecil cokelat balok. Dengan memotong cokelat ini, cokelat yang akan dilelehkan bisa leleh dengan sempurna dan rata. Selain cokelat dapat leleh dengan sempurna, cara ini juga bisa membuat cokelat leleh dengan cepat.

    Pastikan Semua Alat Kering

    Hal sepele yang sering kali membuat cokelat tidak bisa leleh dengan baik atau rusak adalah keberadaan air. Asal kita tahu, setetes air saja bisa membuat cokelat yang dilelehkan rusak. Untuk itu, pastikan agar semua alat yang digunakan untuk melelehkan cokelat mulai dari sendok, pisau, panci atau wadah cokelat dalam keadaan kering. Jika semua alat yang kamu gunakan kering, hal ini akan memudahkan kamu dapatkan cokelat leleh yang sempurna.

    Hindari Melelehkan Langsung Dengan Api, Gunakan Air Panas

    Usahakan untuk tidak melelehkan cokelat dengan panas api langsung. Sangat disarankan agar kamu menggunakan media berupa air panas. Letakkan wadah untuk melelehkan cokelat di atas air atau di dalam air panas. Hal ini akan membuat cokelat leleh dengan baik dan sempurna. Tapi ingat, meski menggunakan air panas, jangan sampai air mengenai cokelat ya.

    Pastikan Untuk Mengaduk Cokelat

    Pastikan untuk mengaduk cokelat saat melelehkannya. Mengaduk cokelat adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan. Aduk dengan lembut dan pelan agar cokelat yang leleh sempurna. Pastikan untuk mengaduk secara merata pula.

Ladies, itulah cara melelehkan cokelat yang benar. Tapi, bagaimana jika cokelat tak sengaja kemasukan air? Kamu tak perlu khawatir apalagi terburu-buru untuk mengaduknya. Jika cokelat kemasukan air, ambil mentega lalu taruh di cokelat yang terkena air. Setelah itu, aduk kembali hingga semua yang ada di dalam cokelat tercampur rata. Dan agar kamu bisa melelehkan kembali cokelat atau agar cokelat tidak mudah mengeras, tambahkan sedikit coating fat di dalam cokelat. Pastikan agar coating fat yang digunakan tidak berlebihan ya, hal ini agar cokelat tetap sempurna dan tak banyak mengalami perubahan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat melelehkan cokelat di rumah dengan benar ya...

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading