Sukses

Lifestyle

Hewan Peliharaan Juga Bisa Tertekan, Ketahui Tanda-Tandanya

Hewan peliharaan tak hanya membuat kehidupan di rumah menjadi makin menyenangkan dan makin ramai saja. Lebih jauh, memiliki hewan peliharaan kesayangan juga akan membantu kita menjadi pribadi yang sabar, peduli serta tenang. Keberadaan hewan peliharaan baik itu anjing, kucing, burung, ikan atau hewan reptil (bisa ular, tokek, iguana dll) tentu akan membuat kita semakin bahagia. Saat sedih, kita bisa curhat dengan mereka. Dan saat senang, kita juga bisa kembali curhat dengan mereka, hihi . Gimana nih, ada yang pernah suka curhat sama hewan peliharaan?

Oh iya, kalau ngomongin soal hewan peliharaan, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa beberapa hewan peliharaan akan rentan mengalami Depresi dan perasaan tertekan. Sama halnya dengan manusia, hewan juga bisa mengalami stres lho. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, penelitian yang dilakukan oleh dokter hewan amal PDSA mengungkapkan bahwa sedikitnya ada 2,3 juta anjing peliharaan merasa kesepian setidaknya selama 5 sampai 8 jam setiap harinya. Anjing-anjing ini akan berada di rumah tanpa teman sementara sang pemilik pergi bekerja.

Photo: Copyright dailymail.co.uk

Tak hanya itu saja, jutaan kucing dan hewan peliharaan lain ternyata juga mengalami hal yang sama. Dan ketika hewan-hewan ini merasa kesepian, bisa saja dengan mudah mereka akan mengalami depresi, kebosanan parah saat sendirian hingga mengalami beberapa gangguan pada fisik serta psikisnya. Para peneliti mengatakan, jika kondisi ini terus menerus terjadi, hal ini bahkan tak hanya membuat hewan peliharaan stres atau depresi. Lebih parah lagi, mereka akan memiliki sisa usia yang sangat sedikit.

Larkham Jones, seorang peneliti dari PDSA mengatakan,

"Saat kita memelihara hewan peliharaan, pastikan bahwa kita selalu bersikap baik dan ramah kepada mereka. Diharuskan agar kita membuatnya merasa nyaman dan jauh dari kondisi stres. Sempatkan untuk tidak mengabaikan hewan peliharaan kita. Ajaklah mereka jalan-jalan dan bersosialisasi bersama dengan hewan peliharaan lainnya. Jika pun tidak sempat mengajak mereka jalan-jalan, usahakan untuk memelihara lebih dari satu hewan di rumah. Bukan hanya perawatan dan makanan berlimpah yang akan membuat mereka hidup sehat serta bahagia, sosialisasi juga sangat dibutuhkan oleh mereka.

Photo: Copyright dailymail.co.uk

Lantas, gimana nih tanda-tanda bahwa hewan peliharaan sedang tertekan? Penelitian ini mengungkapkan jika hewan yang sedang stres atau tertekan biasanya terlihat murung, mudah marah (galak), perubahan tingkah laku, tidak nafsu makan, menggonggong berlebihan (untuk anjing) dan semakin cerewet, muntah atau diare, semakin agresif baik terhadap manusia maupun hewan lainnya dan buang air sembarangan.

So, jika kamu punya hewan peliharaan di rumah, jangan biarkan ia kesepian ya. Meski mereka hanya hewan, mereka juga butuh kasih sayang dan perhatian cukup dari kita. Semakin baik perlakuan kita terhadap hewan di sekitar kita, semakin baik pula perlakuan mereka pada kita. Jangan biarkan hewan peliharaan kesayangan kamu sampai tertekan atau depresi ya?

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading