Sukses

Lifestyle

Kerja di Rumah dengan Tetap Punya Waktu untuk Anak? Bisa Kok!

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus sibuk bekerja dari rumah memang ada tantangannya sendiri. Saat ini memang banyak peluang profesi atau pekerjaannya yang bisa dilakukan tanpa harus ngantor. Sebut saja pekerjaan menjadi penulis lepas, penerjemah, desainer, bahkan konsultan yang semuanya bisa dilakukan dari rumah.

Hanya saja memang kadang agak susah untuk bisa mengatur waktu kerja di rumah dan mengurus rumah tangga tanpa mengorbankan "quality time" bersama anak. Tapi untuk hal ini tentu ada tips-tips sederhana yang bisa diikuti.

    Bangun Lebih Pagi

    Kalau untuk hal yang satu ini tampaknya memang sudah tak perlu disuruh lagi, ya. Sebagai ibu kita selalu berusaha untuk bisa bangun pagi, lebih dulu dari anak-anak. Dengan begitu, kita bisa punya sedikit waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih tenang untuk aktivitas seharian penuh.

    Buat Jadwal Harian

    Moms, kita memang punya banyak kesibukan. Apalagi kalau sudah dikejar-kejar deadline pekerjaan, rasanya semua hal jadi berantakan dan kita pun susah untuk fokus. Untuk mengatasi persoalan ini, buatlah jadwal harian. Mulai dari kegiatan yang bisa dilakukan di pagi hari sampai malam hari. Kerjakan satu hal dalam satu waktu. Misalnya, jika memang saatnya untuk fokus bermain dengan anak, jangan diselingi dengan bekerja. Biar nggak gampang stres dan lelah juga.

    Buat Prioritas

    Jadi begini, kalau ada hal yang bisa dilakukan dan Moms bisa melakukannya saat itu juga maka jangan menundanya. Langsung kerjakan saat itu juga. Tapi kalau sesuatu perlu segera dikerjakan tapi Moms masih punya kesibukan lain, catat dalam jadwal. Lalu cari waktu untuk menyelesaikannya secepatnya. Selalu perbarui jadwal jika ada hal-hal tak terduga yang muncul atau yang harus segera diselesaikan.

    Minta Bantuan

    Nggak ada salahnya untuk minta bantuan. Kalau punya asisten rumah tangga, bisa delegasikan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu dan mengepel kepadanya. Jadi Moms bisa fokus mengerjakan hal-hal yang lebih penting. Bisa juga dengan berkomunikasi pada suami untuk mengondisikan keadaan dan kesibukan yang dimiliki masing-masing. Sehingga tak terasa tumpang tindih atau kewalahan mengerjakan semuanya.

    Miliki Ruang Khusus untuk Bekerja

    Biar nggak gampang pecah konsentrasinya, sebaiknya memang perlu memiliki ruang kerja sendiri. Tak perlu yang terlalu mewah atau ribet. Memanfaatkan pojok ruangan sebagai tempat kerja dengan menempatkan meja dan kursi serta laptop di sana sudah bisa sangat membantu Moms bekerja lebih tenang.

Membagi dan mengatur waktu bekerja di rumah dengan tetap memiliki "quality time" bersama anak memang tak mudah. Tapi selalu bisa Moms lakukan dengan mengikuti tips-tips sederhana di atas.

Semoga info ini bermanfaat, ya Moms!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading