Sukses

Lifestyle

Selama Ini Salah Menyimpan Bumbu Dapur? Ini Lho Cara yang Benar

Sudah semangat nih mau bikin masakan enak. Eh tapi begitu tahu kalau bumbu dapur yang disimpan rusak dan tak layak digunakan lagi, hilang sudah mood untuk memasak. Kalau sudah begini jadi bete, kan?

Ladies, coba deh cek lagi jangan-jangan selama ini kita salah dalam menyimpan aneka bumbu dapur. Padahal cara kita menyimpan bumbu dapur sangat mempengaruhi ketahanannya dan kualitasnya. Berikut ini cara-cara yang disarankan dalam menyimpan bumbu dapur agar awet dan tahan lama. Let's check this out!

    Simpan di Suhu Ruang yang Terhindar dari Paparan Sinar Matahari Langsung

    Pastikan semua bumbu disimpan dalam suhu ruang dan tak kena sinar matahari langsung. Panas matahari bisa membuat aneka bumbu cepat membusuk dan berubah warna. Khususnya untuk aneka bawang, cabai, tomat, dan ragam dedaunan seperti daun salam, daun pandan, dan daun jeruk purut, jangan kena panas matahari ataupun panas kompor.

    Simpan dalam Wadah Kering dan Tertutup

    Masalah yang sering timbul dalam menyimpan aneka bumbu biji-bijian seperti kemiri, merica, dan ketumbar adalah ditumbuhi jamur atau dimakan serangga. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, simpan dalam wadah kering dan tertutup. Beri label untuk masing-masing wadah dan cantumkan juga tanggal kapan kita menyimpannya di wadah tersebut. Untuk aneka bumbu bubuk, pilih wadah yang benar-benar kedap udara. Kemudian simpan di suhu ruang.

    Jangan Dekatkan Kentang dengan Bawang-Bawangan

    Untuk dua jenis bahan ini, sebisa mungkin pisahkan ya. Letakkan kentang dan aneka bawang-bawangan di tempat terpisah dan kering.

    Untuk Jenis Empon-Emponan, Simpan di Wadah dengan Sirkulasi Bagus

    Kunyit, jahe, kencur, dan aneka empon-emponan lainnya sebaiknya disimpan di wadah yang punya sirkulasi udara yang bagus. Taruh di tempat yang kering. Kalau disimpan di tempat yang terlalu lembap, mereka akan cepat kena jamur dan membusuk.

    Simpan Bumbu Giling dalam Kulkas

    Buat kamu yang suka menggunakan bumbu giling seperti bawang giling dan cabai giling, kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup lalu masukkan dalam kulkas. Dengan cara ini, rasa dan kualitasnya bisa tetap terjaga dengan baik.



Nah, itu tadi sejumlah tips sederhana untuk menyimpan aneka bumbu dapur agar awet. Semoga tipsnya bisa bermanfaat buatmu, ya.




(vem/nda)
What's On Fimela
Loading