Sukses

Lifestyle

5 Tips Menyimpan Kentang agar Tidak Membusuk dan Bertunas

Fimela.com, Jakarta Kentang sebenarnya termasuk salah satu bahan makanan yang awet disimpan lama jika disimpan dengan cara yang benar. Namun beberapa orang membiarkan kentang terlalu lama sehingga tak menyadari bahwa kentang membusuk atau bertunas sehingga tak bisa dipakai lagi.

Menyimpan kentang sebenarnya cukup sederhana, begini tips menyimpan kentang agar tidak membusuk dan bertunas.

1. Jangan disimpan di dalam wadah tertutup

Sebaiknya tidak menyimpan kentang dalam wadah kedap udara atau tertutup sepenuhnya karena kentang juga "bernapas". Kentang akan menjadi lembap dan mudah busuk. Jadi simpan di wadah terbuka.

2. Jangan simpan di dalam kantung plastik

Sama halnya mentimpan di dalam wadah tertutup, kentang yang tetap berada di bungkus plastik akan kesulitan bernapas sehingga menjadi lebih mudah membusuk. Jadi keluarkan segera dari kantung plastik setelah membelinya dari pasar. Jika ingin menyimpannya, simpan kentang dalam kantong kertas yang berpori atau sudah diberi beberapa lubang udara.

3. Jangan dicuci

Jika tidak segera diolah, jangan dicuci. Kontak dengan air membuat kentang cepat membusuk. Kecuali jika setelah mencucinya, dikeringkan lebih dulu hingga tak ada sisa air atau kentang dalamn kondisi lembap.

4. Jangan menyimpan di dalam kulkas

Tidak semua sayuran atau bahan makanan bisa disimpan di dalam kulkas, salah satunya kentang. Kentang lebih baik disimpan di suhu ruangan namun dengan kondisi sejuk dan gelap.

5. Jangan ditaruh di bawah sinar matahari

Kentang sebaiknya tidak disimpan di tempat terbuka dekat jendela atau tempat yang mudah terkena sinar matahari, karena dilansir dari penelitian yang dimuat dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition, menyatakan bahwa paparan sinar matahari langsung bisa menghasilkan zat kimia beracun yang disebut solanine.

Jadi, itu dia sekian tips menyimpan kentang agar tidak mudah busuk atau bertunas. Bisa dipraktekkan di rumah ya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Menggunakan Vibrator yang Benar