Sukses

Lifestyle

Tips Mulai Berolahraga Tanpa Harus Join Gym

Fimela.com, Jakarta Setelah vakum beberapa lama, kamu pasti ingin kembali melakukan olahraga. Namun, sayangnya memulai sesuatu yang sudah lama tidak kamu lakukan tidak mudah. 

Biasanya, gym menjadi pendorong utama yang bikin kamu mau tidak mau akan berolahraga. Karena, kamu sudah membayar gym membership. Ini biasanya memang menjadi alasan kuat untuk tidak merugi dan bermalas-malasan. 

Tapi, karena berbagai hal, kadang kamu tidak selalu bisa join gym. Nah, tanpa gym dan teman-teman di sana serta instruktur yang menyemangati, kadang memulai untuk berolahraga lagi sangat susah. 

Meski olahraga di rumah juga bisa dan tidak memerlukan biaya serta banyak alat, rasa malas dan kurangnya semangat kerap menghambat dirimu. Tapi jangan sedih dulu, karena ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar bisa berolahraga kembali tanpa malas-malasan. 

Ajak Teman

Olahraga sendirian memang tidak enak. Selain tidak ada teman yang menyemangati, kamu juga kadang jadi merasa nothing to loose kalau tidak kembali berolahraga. Ibaratnya, teman workout bisa menjadi mesin dan oli agar kamu bisa jalan dan bangkit untuk bergerak. 

Teman bukan hanya teman-temanmu, lho! Kamu bisa mengajak saudara, orangtua, tetangga, atau juga teman kantor. Pokoknya, orang lain yang mau sama-sama kelelahan setelah berolahraga, tapi juga menyenangkan. 

Body Weight

Olahraga untuk kesehatan itu ada banyak! Tidak melulu harus menggunakan alat dan perlengkapan. Sebagai pemula, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai peralatan seperti medicine ball, barbell, dan lain sebagainya untuk mulai berolahraga. 

Karena untuk tahap ini, yang dibutuhkan adalah niat dan komitmen yang kuat! Jadi, fokus saja pada olahraga dan gerakan yang tidak membutuhkan alat alias body weight. Seperti jogging, push up, sit up, HIIT, dan lain sebagainya. 

2-3 Kali Seminggu

Memiliki cita-cita itu penting. Tapi, jangan dulu berpikir terlalu jauh. Set small goals! Bikin target yang mudah dan realistis. Misalnya, minggu ini harus sudah bisa push up 30 kali, minggu depan harus bisa 40 kali. 

Juga, jangan muluk-muluk untuk berolahraga setiap pagi dulu jika terlalu sulit untukmu. Atur jadwal 2-3 kali seminggu saja dulu, yang penting konsisten dan tidak pernah bolos. Selamat berolahraga dan semoga menjadi semakin sehat! 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading