Sukses

Lifestyle

3 Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Sedang Haid

Fimela.com, Jakarta Saat sedang haid, tubuh rasanya tidak nyaman sekali. Perubahan hormon bisa memengaruhi kondisi tubuh kita, seperti nyeri perut, kembung, kelelahan, dan selera makan yang sulit dikendalikan. Apalagi bila kita disibukkan oleh aktivitas dan rutinitas yang padat, rasanya badan ini sakit semua.

Salah satu cara untuk bantu redakan kondisi tubuh yang tidak nyaman selama haid adalah mengonsumsi makanan yang tepat. Ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Ada pula beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi saat sedang haid.

1. Buah Jeruk

Dikutip dari shape.com, perempuan yang mendapat asupan kalsium dan vitamin D yang banyak berisiko rendah mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome). Kalsium bantu redakan perasaan gelisah dan tertekan yang dirasakan oleh otak. Sementara vitamin D bantu mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin yang membantu menjaga suasana hati. Buah jeruk bisa dikonsumsi selama haid untuk bantu menjaga kondisi dan kebugaran tubuh.

 

 

2. Buah Pisang

Buah pisang kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium. Mengonsumsi buah pisang bisa bantu mengatasi retensi cairan dalam tubuh dan mencegah perut kembung. Selain itu, mengonsumsi pisang bisa membantu kita mendapat siklus haid yang lebih teratur.

3. Buah Semangka

Biasanya saat sedang haid, kita ingin mengonsumsi yang manis-manis. Daripada mengonsumsi camilan atau kudapan yang kandungan gulanya terlalu tinggi, coba konsumsi buah semangka. Buah semangka mengandung gula alami dan menyegarkan. Bisa dikonsumsi untuk membuat tubuh berenergi.

Imbangi pula dengan minum air putih yang cukup. Bila memungkinkan, lakukan olahraga ringan untuk bantu redakan rasa sakit atau tidak nyaman saat haid.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading