Sukses

Lifestyle

Terbiasa Berjalan Pelan Bisa Percepat Penuaan Dini, Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Orang mungkin tak sadar jika kebiasaan berjalan kaki ternyata bisa menentukan apakah ia akan mengalami penuaan dini atau tidak. Orang mau berjalan kaki saja sudah untung, apalagi jika mau berjalan kaki dengan lebih cepat. Karena ternyata kecepatan jalan kaki bisa menentukan seberapa cepat kamu mengalami penuaan dini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Network Open menemukan bahwa orang yang lambat saat berjalan kaki ternyata memiliki risiko lebih besar mengalami penuaan dini. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang jalannya pelan tampak lebih tua.

Jalan Cepat akan Perlambat Penuaan

Penelitian menganalisis 904 partisipan untuk mengetahui kebiasaan hidup mereka hingga usia 45 tahun. Setelah melakukan MRI, peneliti menemukan bahwa orang yang berjalan kaki dengan pelan memiliki ukuran otak yang lebih kecil, memiliki ketebalan otak yang lebih rendah, dan punya lebih banyak bagian putih di mana darah tidak mengalir di bagian tersebut.

Aliran darah yang lancar dibutuhkan untuk kinerj otak yang optimal. Ketika orang berjalan dengan kecepatan pelan, banyak aliran darah lebih lambat mencapai otak. Tentu saja, gaya berjalan cepat ini juga perlu dibiasakan.

Jadi, jika ingin memiliki otak dan tubuh yang awet muda atau ingin memperlambat penuaan dini, berjalanlah lebih cepat Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading