Sukses

Lifestyle

4 Cara Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi dengan Baik di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Kurang minum di bulan puasa ini memang merupakan sebuah kesalahan yang masih banyak dilakukan. Bukan cuma bisa bikin sangat haus, tetapi hal ini justru akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Alarabiya, ketika kamu kekurangan cairan tubuh, kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini bisa menyebabkan banyak risiko kesehatan, mulai dari penyakit jantung, ginjal, hingga pencernaan. 

Nah, ada 4 cara sederhana yang bisa kamu ikuti kalau kamu cenderung lupa untuk mengonsumsi air mineral yang cukup di bulan Ramadan ini. Simak pembahasannya di bawah ini. 

1. Atur Waktu Mengonsumsi Air Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Pastikan kamu mengonsumsi minimal 8 gelas air mineral sehari. Nah, karena kamu tidak bisa minum di siang hari, kamu harus atur waktunya pada saat sahur dan berbuka puasa. 

Misalnya, mengonsumsi 3 gelas air mineral pada saat sahur. Pada saat berbuka puasa, minumlah segelas air putih. Lalu, dua gelas setelah makan malam, dan dua gelas lagi sebelum kamu tidur. 

2. Hindari Minuman Manis

Selain itu, usahakan kamu mengonsumsi banyak air mineral. Boleh saja jika ingin mengonsumsi minuman yang memiliki rasa seperti teh manis atau jus. Tetapi, cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung gula karena akan membuatmu merasa lebih haus saat berpuasa. 

3. Hindari Kopi

Meski kopi juga minuman dan mengandung air, namun kandungannya tidak sebanyak ketika kamu minum minuman lain yang lebih menghidrasi tubuh. Misalnya, teh atau air kelapa muda. 

4. Chia

Cobalah untuk minum chia dengan air untuk menghidrasi tubuhmu lebih banyak. Chia mengandung kalsium, protein, dan serat yang tinggi. Selain itu, ada juga antioksidan di dalamnya sehingga memberikanmu lebih banyak manfaat selain menghidrasi tubuh. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading