Sukses

Lifestyle

Konsumsi 8 Jenis Makanan ini, untuk Mencegah Sakit Jantung saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Sakit jantung adalah penyakit yang menyerang jantung seperti gangguan pembuluh darah pada jantung, irama jantung, katup jantung dan gangguan genetika dari lahir.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Karena jantung merupakan organ vital, yang membantu memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung bisa disebabkan juga karena kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes dan obesitas. Pada saat bulan puasa  sebagian orang rentan terkena penyakit diabetes, kolesterol dan obesitas, yang dipengaruhi faktor makanan.

Untuk mencegah penyakit jantung, berikut 8 jenis makanan yang bisa dikonsumsi saat bulan puasa, yang dirangkum dari merdeka.com:

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah jantung. Ikan salmon sangat baik dikonsumsi saat bulan puasa.

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, yang merupakab kandungan asam tak jenuh, yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain bisa membantu mencegah sakit jantung, ikan salmon juga bisa membantu mencegah diabetes, dan memberikan kalsium yang baik untuk tubuh.

Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan ikan yang memiliki kandungan omega 3. Mengonsumsi ikan tuna bisa membantu mencegah sakit jantung, yang bisa terjadi pada saat bulan puasa.

Kandungan dalam ikan tuna bisa membantu mengontrol detak jantung, dan memperlambat penumpukan plak kolesterol, yang bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah.

Ikan tuna juga bisa membantu mengontrol kadar gula pada tubuh manusia. Kandungan vitamin C yang ada di dalam ikan tuna, juga bisa membantu menambah sistem kekebalan tubuh.

Yogurt Rendah Lemak

Yogurt adalah produk olahan susu yang difermentasikan, yang bisa dinikmati dengan cara diminum atau di makan, pada saat bulan puasa.

Yogurt rendah lemak memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk membantu mencegah sakit jantung, yang bisa terjadi pada saat bulan puasa.

Yogurt memiliki kandungan kalium, yang bisa membantu mengontrol tekanan darah, yang merupakan penyebab penyakit jantung.

Selain membantu mencegah penyakit jantung, yogurt rendah lemak bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, agar tidak terkena sakit sembelit saat bulan puasa.

Tahu

Tahu adalah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Ternyata tahu memiliki fungsi untuk mencegah penyakit jantung, yang bisa terjadi pada saat bulan puasa.

Tahu dipercaya bisa membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh, dan mengurangi asupan lemak jenuh di dalam tubuh, yang merupakan penyebab penyakit jantung.

Namun dalam mengolah tahu juga harus diperhatikan agar tidak meningkatkan kadar kolesterol. Lebih baik mengolah tahu dengan kukusan atau dibuat sup, dari pada harus menggoreng tahu.

Alpukat

Alpukat adalah jenis buah-buahan yang kaya akan nutrisi, bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, dan baik dinikmati saat bulan puasa.

Alpukat memiliki kandungan lemak baik, yang bisa membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh, yang bisa menyebabkan sakit jantung.

Alpukat juga memiliki kandungan kalium. Kandungan ini sangat baik untuk membantu mencegah sakit jantung, dan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Selain membantu mencegah sakit jantung, rajin mengonsumsi alpukat saat bulan puasa, bisa membantu mencegah penyakit kanker dan resiko diabetes.

Kacang Almon

Kacang almon merupakan jenis kacang-kacangan, yang bisa membantu mencegah sakit jantung. Kacang almon baik dikonsumsi pada saat bulan puasa.

Kacang almon memiliki kandungan vitamin E, magnesium, serat dan lemak tak jenuh tunggal. Kacang almon juga memiliki kandungan protein dan zat besi. Kandungan-kandungan yang ada di dalam kacang almon, sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah agar tidak terkena penyakit jantung.

Mengonsumsi kacang almon saat bulan puasa, bisa membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh, dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah penyakit jantung. Sayuran hijau wajib dikonsumsi pada saat bulan puasa.

Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan, yang berperan membantu mencegah sakit jantung.

Sayuran hijau juga memiliki kandungan tinggi nitrat, yang bisa membantu mengontrol tekanan darah, agar tidak terkena sakit jantung.

Rutin mengonsumsi sayuran hijau, bisa membantu meningkatkan sel-sel dinding pembuluh darah, dan menjaga elastisitas arteri.

Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberi dan rasberi, memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu mencegah penyakit jantung. Buah beri memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melawan stres oksidatif, dan membantu melawan inflamasi, yang bisa memicu penyakit jantung.

Rutin mengonsumsi buah beri saat bulan puasa, bisa membantu menjaga kolesterol di dalam tubuh, sehingga jantung akan selalu sehat.

PLAYLIST VIDEO 4 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Brand Fashion Asli Indonesia yang Mendunia dan Berkualitas Tinggi
Artikel Selanjutnya
45 Kata-kata Mutiara Pernikahan yang Penuh Suka Cita dan Romantis