Sukses

Lifestyle

5 Jenis Keju yang Paling Sehat Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Keju adalah produk susu yang memiliki rasa yang gurih. Keju dibuat dengan menambahkan asam atau bakteri ke susu. Nutrisi dan rasa keju tergantung pada bagaimana itu diproduksi dan susu apa yang digunakan. Beberapa orang khawatir bahwa keju tinggi lemak, natrium dan kalori. Namun, keju juga merupakan sumber protein, kalsium dan beberapa nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi keju bahkan dapat membantu penurunan berat badan dan membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Ada beberapa keju yang baik dan sehat untuk konsumsi seperti beberapa jenis keju di bawah ini.

Mozzarella

Mozzarella adalah keju putih lembut dengan kadar air tinggi. Itu berasal dari Italia dan bisanya dibuat dari susu kerbau Italia atau susu sapi. Mozzarella lebih rendah natrium dan kalori daripada kebanyakan keju lainnya. Satu ons mozzarella mengandung lemak yang banyak. Mozzarella juga mengandung bakteri, sebagai probiotik, termasuk strain Lactobacillus casei dan Lactobacillus fermentum.

Feta

Feta adalah keju putih lembut dan asin yang berasal dari Yunanai. Ini biasanya terbuat dari susu domba atau kambing. Susu domba memiliki rasa yang keras dan tekstur yang lembut. Karena feta mengandung garam untuk menjaga kesegaran, ini sangat tinggi sodium. Namun, biasanya lebih rendah kalori daripada kebanyakan keju lainnya.

Seperti semua produk susu berlemak lainnya yang menyediakan asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang dikaitkan dengan pengurangan lemak tubuh. Untuk menambahlan keju feta ke dalam menu diet, cobalah untuk menambahkannya dalam satu porsi salad, tambahkan pula ke dalam telur dan makan dengan sayuran segar lainnya.

Keju Cottage

Keju cottage adalah keju putih lembut yang terbuat dari dadi susu sapi. Keju ini jauh lebih tinggi protein daripada keju lainnya. Karena keju cottage mengandung protein yang tinggi tetapi rendah kalori, sering dianjurkan dikonsumsi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Keju ini juga membuatmu merasa lebih kenyang setelah makan dan ini memungkinkan untuk mengurangi asupan kalori.

Ricotta

Ricotta adalah keju Italia yang terbuat dari bagian berair sapi, kambing, domba atau susu kerbau yang tersisa dari pembuatan keju lainnya. Ricotta memiliki tekstur krim dan sering digambarkan sebagai versi keju cottage yang lebih ringan. Protein dalam keju ricotta kebanyakan adalah protein yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan manusia dari makanan.

Cheddar

Cheddar adalah keju yang memiliki tekstur tidak begitu keras. Biasanya terbuat dari susu sapi. Rasa keju ini tergantung pada jenisnya, mulai dari yang ringan sampai yang sangat keras. Selain kaya akan protein dan kalsium, cheddar adalah sumber vitamin K yang baik terutama vitamin K2. Vitamin K penting untuk kesehatan jantung dan tulang. Mengonsumsi cheddar adalah salah satu cara untuk meningkatkan asupan vitamin K2.

Kebanyakan keju adalah sumber protein dan kalsium yang baik dan beberapa menawarkan manfaat kesehatan tambahan. Secara khusus, keju tertentu dapat memberikan nutrisi yang meningkatkan kesehatan usus, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, karena beberapa keju bisa mengandung sodium dan atau lemak tinggi sebaiknya perlu memperhatikan asupannya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Loading