Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Sauna untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Fimela.com, Jakarta Sauna merupakan ruangan khusus yang dipanaskan dengan suhu tinggi di antara 70 sampai 100 derajat Celcius. Aktvitas ini juga kerap disebut sebagai mandi uap. Biasanya orang-orang melakukan sauna setelah melakukan workout di tempat gym. Beberapa tempat gym kini mulai menyediakan layanan sauna untuk memanjakan pelanggan.

Selain di tempat gym, kamu juga bisa menemukan sauna di klinik kecantikan tertentu yang memberikan layanan pijat dan perawatan tubuh lainnya. Bisa dikatakan sauna merupakan perawatan yang tepat untuk kamu yang ingin mengeluarkan keringat tanpa harus banyak melakukan gerakan layaknya kamu sedang berolahraga.

Jika biasanya sauna hanya dikenal untuk melangsingkan tubuh karena mampu membuatmu mengeluarkan banyak keringat, maka kamu harus tahu bahwa masih ada banyak manfaat sauna lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Hal ini karena keringat yang dikeluarkan pada saat sauna mengandung racun dan lemak sehingga ketika sudah dikeluarkan efeknya akan baik untuk tubuh.

Nah, buat kamu yang mau tahu banyak mengenai manfaat sauna bisa melihat ulasannya berikut ini. Fimela.com akan mengulas 5 manfaat sauna untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Pertama, sauna sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini karena pada saat kamu melakukan sauna, pori-pori kulit akan terbuka sehingga kamu bisa menguras keringat. Saat itulah racun akan keluar melalui pori-pori kulit.

Semua racun, mulai dari kotoran hingga kuman dari lingkungan tempat tinggal atau make-up akan keluar bersamaan dengan keringat. Secara otomatis, kulit rasanya akan lebih ringan karena seua kotoran dan kuman yang menempel telah terangkat dan mati karena panasnya sauna.

Di sisi lain, terapi panas dari sauna bisa memperbaiki jaringan kulit dengan cara menstimulasi aliran darah dan melepaskan sel-sel kulit mati. Hasilnya kulit akan terasa lebih bersih, lembut, dan segar.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Selanjutnya, manfaat sauna yang kedua ialah baik untuk kesehatan jantung. Sauna berfungsi menstimulasi jantung untuk memompa lebih cepat dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Untuk kamu yang sekiranya memiliki permasalahan terhadap kesehatan jantung, perlu untuk melakukan sauna secara rutin agar jantung tetap sehat.

Selain menjaga kesehatan jantung, rutin melakukan sauna juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah riset yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa orang yang melakukan sauna memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Mampu Meredam Stres

Berikutnya, manfaat sauna yang ketiga ialah mampu meredam stres, tentunya penurunan stres akan sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Setiap hari pekerjaan dan aktivitas rawan mambuat kita merasakan stres. Untuk meredamnya, kamu bisa melakukan sauna agar tubuhmu dapat melepas lelah dan lebih rileks.

Menurut terapis asal New York, Kathryn Smerling, mandi uap bisa menjadi salah satu cara menepi dan menenangkan diri. Sauna memiliki suhu ruang yang hangat dan suasana tenang, sehingga dapat membuat Anda lebih santai dan nyaman.

Berdasarkan jurnal Psychosomatic Medicine, mandi uap dapat meningkatkan relaksasi pada pasien dengan depresi atau stres.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Keempat, manfaat sauna untuk kesehatan tubuh ialah dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini pun sudah dibuktika melalui hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Occupational Medicine dan Environmental Health menyatakan seseorang yang rutin sauna selama 20 hari kadar kolesterol totalnya akan menurun.

Bahkan para peneliti menyimpulkan bahwa manfaat sauna sebanding dengan melakukan latihan fisik intensitas sedang, misalnya berlari. Walaupun begitu, untuk hasil yang maksimal, lakukan juga latihan fisik lainnya, jangan hanya mengandalkan sauna saja.

Menurunkan Berat Badan

Terakhir, manfaat sauna yang paling populer dikenal oleh banyak orang ialah mampu menurunkan berat badan sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang ingin terhindar dari bahaya obesitas.

Sauna dipercaya mampu menurunkan berat badan lantaran lemak yang tertimbun di tubuh bisa terbakar karena suhu udara yang panas. Setelah itu, lemak akan keluar bersamaan dengan keringat. Namun, untuk hasil yang maksimal kamu perlu melakukannya secara rutin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading