Sukses

Food

Aturan Merebus Telur Bebek Setengah Matang yang Perlu Diketahui dan Aman untuk Kolesterol

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Telur asin adalah lauk yang biasanya terbuat dari telur bebek. Telur bebek ini bisa dinikmati dengan cara di rebus atau diolah menjadi berbagai macam lauk. Telur bebek sangat mudah dibuat menjadi telur asin.

Agar telur bebek berubah menjadi telur asin, bisa diolah dengan cara merendam telur bebek dengan air garam, yang didiamkan dalam toples rapat selama beberapa hari. Merebus telur bebek ini juga harus dilakukan dengan waktu yang tepat, agar kematangannya pas.

Telur asin memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, terlebih dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Agar telur bebek matang dengan baik, aman untuk kolesterol dan menjadi telur asin yang tidak mudah busuk dan bisa bertahan lama, yuk intip aturan merebus telur bebek setengah matang:

Aturan Merebus Telur Bebek dan Manfaatnya

Telur bebek dapat dinikmati dengan direbus atau diolah menjadi telur asin. Jika Sahabat Fimela menyukai telur bebek rebus, maka rebuslah telur bebek selama 10 menit saja. Untuk telur bebek setengah matang, cukup direbus selama 6 menit saja. Jika terlalu lama merebus telur bebek, maka teksturnya akan melar seperti karet.

Telur bebek memiliki kandungan gizi yang banyak, yaitu vitamin A, vitamin B komples, lemak, potasium, protein, mineral, asam amino, vitamin E dan karbohidrat. Jika telur bebek diolah menjadi telur asin, maka kandungan gizinya akan bertambah dua kali lipat dari pada telur biasanya dan mengandung garam tinggi. Maka telur asin tidak boleh dikonsumsi terlalu sering agar aman untuk kolesterol dan kesehatan jantung.

Telur bebek memiliki manfaat untuk mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan perkembangan otak, menjaga kesehatan tulang, mencegah darah tinggi dan menjaga kesehatan kulit.

Cara Membuat Telur Asin

Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat telur asin, salah satunya adalah membuat telur asin dengan merendamnya di air garam. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur asin ini adalah 1 liter air, 1 buah toples, 12 butir telur bebek dan 500gram garam. Berikut cara membuatnya:

1. Rendam di Air

Sebelum merendam di air garam, rendamlah telur bebek di air biasa terlebih dahulu selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buanglah telur tersebut, karena telur itu rusak dan kurang bagus untuk dikonsumsi.

2. Larutkan Garam

Urutan kedua adalah melarutkan garam dengan air, lalu menuangkan air garam di dalam toples yang tertutup rapat, agar terhindar dari udara atau sinar matahari yang masuk.

3. Tata Telur dalam Toples

Setelah air garam masuk ke dalam toples, masukkan 12 butir telur bebek ke dalam toples, berikan jarak sekitar 2 cm pada telur, dan pastikan telur terendam di dalam air garam.

4. Biarkan Selama Beberapa Hari

Jika telur sudah terendam di dalam air garam, tutup toples hingga rapat dan pastikan tidak terkena cahaya matahari. Lalu biarkan telur difermentasi selama 12 hari atau salama 42hari, agar hasilnya lebih enak dan gurih.

5. Rebus atau Kukus Telur Bebek

Setelah melalui proses fermentasi, telur bebek bisa di rebus dengan api kecil selama 1 jam, atau di kukus selama 1 jam agar telur matang dan tahan lama.

Resep Tofu Saus Telur Asin

Bahan yang diperlukan:

  • 2 bungkus tofu
  • 4 kuning telur asin
  • 100 ml susu
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Kaldu jamur dan merica secukupnya
  • Daun bawang dan cabai bubuk untuk taburan
  • Margarin atau minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Iris tofu dan goreng sampai berkulit, sisihkan.
  2. Campurkan kuning telur dengan sebagian susu, lalu haluskan dengan sendok.
  3. Tumis bawang putih hingga harum dan tambahkan kuning telur yang sudah di haluskan.
  4. Tambahkan sedikit kaldu jamur, masukkan sisa susu dan aduk hingga kuning telur asin meleleh dan mendidih.
  5. Masukkan tofu goreng dan aduk rata.
  6. Sajikan dengan taburan daun bawang atau bubuk cabai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading