Sukses

Lifestyle

8 Cara Jitu Usir Stres Dalam 5 Detik Jaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Tiap orang punya kadar stres yang berbeda, namun tanda-tandanya tetap sama. Mulai dari jantung yang berdebar kencang, napas menjadi pendek, dan pikiran mulai berputar.

Beruntung, ada beberapa cara penghilang stres yang sudah terbukti membuat kita kembali sadar dalam hitungan 5 detik detik. 5,4,3,2,1... coba dan buktikan sendiri untuk menjaga kesehatan mental!

 

1. Tarik napas dalam

Perhatikan pola pernapasan, cobalah mulai menarik napas dalam-dalam secara perlahan. Ini adalah langkah dasar dari latihan pernapasan untuk menghilangkan stres.

"Pernapasan dapat mengubah perasaan kita karena emosi dan pernapasan berhubungan erat. Sebuah studi penelitian mengungkapkan keadaan emosi yang berbeda dikaitkan dengan pola pernapasan yang berbeda," ujar penulis The Happiness Track dan Psikolog Universitas Stanford Emma Seppala melansir dari rd.com.

2. Ucapkan mantra

Kata-kata bisa jadi pereda stres yang hebat. Salah satu teknik untuk memadamkan stres yang tiba-tiba adalah mengulangi kalimat untuk mendapatkan kekuatan.

"Berpikir positif tentang melepaskan apa yang mengganggu dengan mengulangi mantra positif yang meyakinkan kita bahwa semua baik-baik saja," ujar pakar transformasi hidup dan penulis Ridiculously Happy! Carol Whitaker.

 

3. Ucapkan terima kasih

Saat stres menyerang, rasanya dunia akan berakhir. Cobalah untuk bersyukur dan ucapkan terima kasih dengan cepat dengan mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal baik dalam hidup.

"Penelitian rasa syukur melaporkan bahwa mereka yang menggunakan refleksi syukur setiap hari memiliki tingkat emosi positif, kepuasan hidup, vitalitas, optimisme, dan tingkat Depresi dan stres yang lebih rendah," ujar Serani.

 

 

4. Memperbaiki Postur

Orang yang terlalu stres seringkali menunjukkan kekhawatiran di dalam tubuhnya. Seperti memiliki postur tubuh yang buruk atau berjuang dengan rasa sakit dan nyeri di tubuh 

Luangkan waktu beberapa detik saat stres untuk memeriksa postur tubuh dan duduk tegak untuk membantu kita merasa lebih baik. "Studi menunjukkan postur tubuh yang buruk terkair dengan kecemasan, depresi, ketidakberdayaan, dan mudah tersinggung," ujar Serani.

 

5. Berpose

Pose yoga juga bisa menjadi pereda stres hebat serta membawa postur yang baik untuk mengendalikan stres. Serani mengatakan pose seperti Superman, lengan disilangkan, kaki terbuka, dan dagu terangkat dapat memunculkan perasaan kuat.

"Pertimbangkan untuk menggunakan pose kekuatan superhero untuk melawan stres," ujar Serani.

 

6. Cari udara segar

Sekedar membuka jendela dapat membawa lebih banyak oksigen ke otak dan meredakan stres. Apalagi kita banyak menjalani hidup di dalam ruangan, sehingga menghirup udara segar dapat mengubah neurokimia kita.

Jadi, jika kewalahan dengan pekerjaan, American Psychological Association mengatakan carilah pintu dan keluar menghirup udara segar.

7. Bergoyang

Jika mulai merasa emosional, ketakutan, keraguan, dan kekhawatiran yang berujung stres, lepaskan dengan bergoyang. Di Afrika dan budaya lain terdapat terapi gemetar untuk penyembuhan emosional. Mengubah rasa frustasi jadi tawa dan pendorong suasana hati endorfin yang hebat.

8. Bercermin

Memberi obrolan singkat di depan kaca dengan diri sendiri membantu menghilangkan stres. Bercermin secara vokal menegaskan afirmasi positif pada diri sendiri dengan penuh keyakinan atau untuk meningkatkan kepercayaan diri.

"Tenangkan pikiran dengan ucapkan afirmasi yang menyemangati dengan lantang pada diri sendiri. Seperti saya hebat, saya luar biasa, saya adalah aset bagi perusahaan, dan sebagainya," ujar Whitaker.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Keluar Rumah, Berikut 4 Cara Self-care Dengan ‘Salon di Rumah’ Untuk Atasi Stres Selama Pandemi
Artikel Selanjutnya
5 Cara Sehat Meredakan Stres tanpa Harus Keluar Rumah