Sukses

Lifestyle

Survei Membuktikan Prilaku Kebersihan Remaja Perempuan saat Menstruasi Masih Buruk

Fimela.com, Jakarta Kurangnya pengetahuan dan informasi para remaja putri maupun perempuan dewasa Indonesia tentang kesehatan menstruasi dapat berakibat kurang baik bagi kesehatan area kewanitaan pada jangka panjang.

Padahal, menjaga kebersihan saat menstruasi merupakan hal mendasar yang penting untuk diketahui oleh semua perempuan, namun sering kali hal ini justru terlupakan. Mayoritas perempuan di Indonesia mengetahui tentang menstruasi setelah mengalami menstruasi pertama. 

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 perilaku remaja putri dalam menjaga kebersihan pada saat menstruasi masih buruk, yaitu 63 persen penyebabnya karena kurang pengetahuan dan informasi tentang personal hygiene pada saat menstruasi.

dr. Bram Pradipta, SPOG sebagai dokter spesialis Obygyn mengatakan, menjaga kebersihan area kewanitaan masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Upaya yang harus terus dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup bersih selama masa menstruasi.

“Perlu adanya penangan, pemilihan dan penggunaan produk yang tepat guna menjaga dan merawat kebersihan serta kesehatan area kewanitaan,” ujar dr. Bram dalam siaran Pers Hygiene Day Softex. 

Menjaga area kewanitaan saat menstruasi seperti membersihkan vagina saat buang air kecil dan besar. Pastikan membersihkan vagina dari depan ke belakang (dari arah vagina menuju anus), bukan sebaliknya. Hal ini untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina. Lalu gunakan celana dalam berbahan katun yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat.

Penggunaan celana dalam seperti ini, bisa membantu menjaga vagina tetap kering sehingga tidak terlalu lembap dan menjadi gatal. Cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut, kemudian ganti pembalut atau pantyliner setiap 3-4 jam sekali, dan memilih pembalut yang berdaya serap baik agar vagina tetap kering. Pembalut tidak beraroma dan dengan antibakteri alami.

Menstrual Hygiene Day 

Menstrual Hygiene Day adalah event internasional yang diperingati pada tanggal  28 Mei sejak tahun 2014 yang diinisiasikan oleh lembaga ¬non-profit asal Jerman bernama WASH, dengan tujuan meningkatkan kesadaran wanita di seluruh dunia untuk menjaga kebersihan selama menstruasi.

Softex Indonesia turut merayakan Menstrual Hygiene Day 2021, sekaligus melanjutkan misi edukasi kepada perempuan Indonesia dengan mengadakan kegiatan mengunjungi Lapas Parempuan dan Panti Asuhan yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2021.

“Ternyata sampai saat ini perhatian dan kesadaran remaja putri dan wanita Indonesia masih kurang mengenai cara menjaga kebersihan menstruasi yang baik. Hal ini yang mendorong Softex untuk meningkatkan kesadaran tentang kebersihan menstruasi melalui Menstrual Hygiene Day,” ungkap Elizabeth Kurniadi, Brand Manager Softex. 

Kunjungan ke Lapas Wanita Klas II A di Tangerang bertujuan untuk memberikan donasi kebutuhan menstruasi sekaligus memberikan edukasi mengenai kebersihan area kewanitaan selama menstruasi. Sementara, kunjungan ke Panti Asuhan di Kawasan Jakarta yakni Panti Asuhan Putra Utama 1, Duren Sawit, Jakarta Timur dan Panti Asuhan Katolik Pelayanan Kasih Bhakti Mandiri, Cibubur, Jakarta Timur selain memberikan donasi juga menggelar kegiatan Healthy Talkshow. 

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat mengedukasi serta memberikan informasi bermanfaat kepada para perempuan yang berada di Lapas Wanita maupun remaja putri di Panti Asuhan untuk selalu ingat dan menjaga kebersihan area kewanitaan terutama pada masa menstruasi,“ tutup Elizabeth Kurniadi.

#elevate women

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Celana Olahraga yang Nyaman Saat Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Cara Atlet Olimpiade Perempuan Mengatur Menstruasi saat Bertanding