Sukses

Lifestyle

Tepikota, Ruang Singgah di Pinggiran Yogyakarta untuk Menyepi dari Keramaian Kota

Fimela.com, Jakarta Sesekali kita perlu menepi dari keramaian kota. Mencoba menemukan kembali ketenangan dan kenyamanan. Sesekali kita perlu meluangkan waktu sejenak bersama orang-orang terdekat untuk bercengkerama, menikmati makanan buatan rumah, dan beristirahat dari kepenatan.

Yogyakarta seringkali dipilih jadi kota atau destinasi untuk liburan atau melepas penat. Kota yang satu ini memang istimewa. Di area barat laut Yogyakarta, ada sebuah rumah singgah yang menawarkan tempat untuk menenangkan diri dari keramaian kota. Namanya Tepikota. "Boleh mampir, boleh main, boleh makan, boleh cerita-cerita, boleh belanja juga. Berkabar saja, kawan," begitu caption yang tertera pada laman akun Instagramnya.

Rumah Masa Kecil yang Direnovasi Menjadi Ruang Singgah

Rumah ini dikelola oleh sepasang suami istri, Rofida Noor Amalia dan Febri Indra Laksmana. Ketika ditanya soal Tepikota, Fida menjelaskan, "Dia mirip anak baru lahir, masih menemukan tujuannya, hehe."

"Sebenarnya Rumah Tepikota itu adalah rumah masa kecilku dulu, waktu masih tinggal sama Mbah," jelasnya lagi.

Rumah masa kecil ini sempat kosong selama 25 tahun. Sempat dijadikan tempat untuk beternak ayam dan bebek, dijadikan gudang, dan tempat budidaya jamur. Sampai kemudian, ketika Fida menikah di tengah situasi pandemi tahun lalu dan tidak jadi mengadakan resepsi, bujet resepsi dipakai untuk renovasi rumah masa kecilnya itu.

Masih Mempertahankan Material Asli

Rumah Tepikota masih memakai material asli untuk strukturnya. "Terus printilan lainnya ngambil dari yang ada," terang Fida.

Bekas pintu garasi rumah dijadikan jendela besar. Ada bambu usuk yang dijadikan penghalang hujan di bagian atap. Lantai juga pakai tegel jadul untuk aksesoris, dan selebihnya semen biasa. Meja dan rak juga ada yang didapat dari sumbangan teman yang punya kafe.

Masih Dibuka untuk Kalangan Teman Sendiri

Untuk saat ini rumah singgah ini baru menerima tahu dari kalangan teman-teman sendiri. "Biasanya teman yang bosan di rumah. Bosan kuliah online atau WFH gitu," jelas Fida.

Seperti saat ada teman-teman jauh yang datang ke Yogyakarta, Fida dan suami membuka pintu untuk mereka dan mengadakan acara makan bersama sambil melepas penat dengan mengobrol atau berbagi cerita. Selain itu, di rumah ini teman-teman yang datang juga bisa membeli produk-produk kurasi dari pengrajin di Yogyakarta dan sekitarnya.

Rumah yang Terintegrasi dengan Kebun

Ke depannya, Fida berharap bisa membesarkan Tepikota sebagai rumah yang terintegrasi dengan kebun. Bisa jadi ruang untuk berkarya dari rumah. "Bisa ada warung juga, mungkin bisa jadi tempat ngumpul teman-teman juga yang mau bikin diskusi atau nonton bareng," jelas Fida.

Saat ini memang belum dibuka untuk publik. Namun, Sahabat Fimela bisa langsung follow bisa langsung follow dan menyapa akun Instagrama Instagram-nya ini: instagram.com/tepikota_ . Siapa tahu akan ada kesempatan saat situasi pandemi sudah mereda, bisa mengunjungi rumah singgah yang disebut Fida sebagai tempat tenang untuk menyepi dari keramaian kota ini.

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Permainan Virtual Edukatif, Solusi Atraktif untuk Isi Liburan Anak
Artikel Selanjutnya
Kasus COVID-19 Meningkat, Ini Tips Liburan Alternatif dari Rumah bagi Keluarga