Sukses

Lifestyle

5 Kegiatan Seru Rayakan Hari Kemerdekaan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Mengingat kita masih dalam suasana Pandemi Covid-19, membuat kita masih harus merayakan kemerdekaan dengan cara yang berbeda. Kita masih belum bisa upacara bersama di lapangan, belum bisa berkumpul dengan banyak orang atau melakukan kegiatan lomba 17 Agustusan di luar rumah. Jadi, agar tetap bisa merayakan hari kemerdekaan meski dalam suasana pandemi, berikut beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah untuk rayakan kemerdekaan.

1. Mendekorasi Rumah

Salah satu wujud semangat di hari kemerdekaan ialah dengan menunjukkan rasa suka cita dan semangat nasionalisme. Salah satunya bisa dilakukan dengan mendekorasi rumah dengan nuansa merah putih. Kita bisa membuat hiasan berupa bendera kecil-kecil dari kertas, membuat hiasan dari pita atau balon. Ajak keluarga atau anak-anak untuk melakukannya agar semakin ramai dan meriah.

2. Lomba Cerdas Cermat

Ini mungkin jarang terpikirkan untuk dilakukan, tapi kamu bisa mencobanya di rumah bersama anggota keluarga yang ada. Kamu bisa membagi tim menjadi dua sampai 3 kelompok untuk berlomba. Gunakan wawasan-wawasan kebangsaan sebagai materi cerdas cermat agar semua anggota keluarga lebih banyak memperlaari materi-materi kebangsaan.

3. Menonton Film Nasionalisme

Menonton film bersama keluarga juga bisa dilakukan pada malam 17 Agustus untuk menyambut hari kemerdekaan. Kamu bisa memilih film-film yang bernuansa nasionalisme atau perjuangan untuk ditonton. Beberapa rekomendasi film yang bisa ditonton, seperti Kartini, 5 Cm, Tanah Surga…Katanya, Rudy Habibie, Laskar Pelangi dan sebagainya.

4. Memasak dan Makan-makan

Jika biasanya satu kampung merayakan kemerdekaan dengan memasak bersama, maka kali ini cukup dilakukan di rumah saja bersama anggota keluarga. Kamu bisa memasak makanan atau masakan dalam jumlah banyak, seperti tumpeng, kue-kue tradisional, rendang, sate dan sebagainya. Selanjutnya ialah menikmati masakan bersama keluarga pastinya akan terasa lebih nikmat.

5. Berdoa Bersama

Ini adalah ritual penting yang tak boleh kita lewatkan setiap merayakan kemerdekaan pada 17 Agustus. Jangan lupa kirimkan doa kepada para pahlawan yang sudah berjuang untuk negara kita, doa untuk negara kita agar selalu aman, dan doa untuk diri kita sendiri, kamu juga bisa menyelipkan doa agar Pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Tentunya, doa kepada negara yang dilakukan secara berjemaah akan terasa lebih khidmat dan mudah dikabulkan, dan tentu saja ini adalah bentuk rasa nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk merayakan hari kemederkaan. Jadi, kegiatan mana, nih, yang menurut Sahabat Fimela paling seru?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading