Sukses

Lifestyle

5 Tips Finansial yang Wajib Dilakukan agar Kaya di Usia Tua

Fimela.com, Jakarta Usia tua tak bisa dihindari. Semakin bertambah umur, tentu produktivitas juga akan menurun. Jadi, agar masa tua bisa tetap bahagia dan mandiri finansial, saatnya kamu mengolah keuangan dengan baik dan cermat sejak dini. 

Lalu, apa yang harus dilakukan agar keuangan terjaga dengan baik di masa tua mendatang? ternyata para pakar finansial memiliki sejumlah langkah yang harus kamu lakukan sejak muda. menurut Schroders Personal Wealth money & Mind Report, 64% orang dewasa stres menghadapi keuangan mereka. Fimela merangkum 5 tips keuangan yang bisa dilakukan sejak dini. 

1. Miliki bujet keuangan

Bujet keuangan berguna untuk mengatur pengeluaran agar tetap seimbang, tidak lebih besar pasak daripada tiang. Jadi, pastikan pengeluaran tetap terkontrol dengan baik. Mulai pengaturan bujet keuangan dengan menulis daftar pengeluaran mulai dari kebutuhan pokok hingga hiburan. Sisihkan juga uang untuk kamu tabung dan dana darurat. 

 

2. Lunasi hutang piutang

Jika kamu ingin memiliki keuangan yang sehat, maka mulailah untuk melunasi hutang konsumtif seperti kartu kredit, cicilan, dan lain sebagainya. Jangan biarkan hutang menumpuk dan tak terlunasi. hindari menunda bayar hutang karena lama-lama justru bisa memperburuk keuangan kamu. 

3. Menabung

Menabung adalah hal yang openting dilakukan. Jika kamu sudah mandiri secara finansial, mulailah untuk menabung untuk sebuah tujuan yang lebih besar seperti membeli rumah dan lain sebagainya. Dengan cara ini, maka uang yang kamu miliki tidak terpakai begitu saja, tapi justru bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna. 

4. Investasi

Investasi juga diperlukan untuk mencapai keuangan yang baik. Mulailah merencanakan keuangan dengan berinvestasi. Karena yang patut diingat adalah, setiap tahun biaya hidup akan semakin tinggi sehingga keuangan kamu juga perlu dipersiapkan dengan baik salah satunya dengan investasi. 

 

5. Kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan

Mulailah untuk mengeluarkan uang dengan cermat. Jangan sampai terlalu banyak jajan membuat keuangan kamu tidak stabil. Atau saat kamu terlalu konsumtif, maka akan berimbas juga pada keuangan kamu. Jadi, gunakan uang dengan bijak dan cermat agar di masa tua nanti kamu bisa hidup lebih bahagia. 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading