Sukses

Lifestyle

Work From Home, Ini 5 Tips Bekerja Secara Nyaman dan Efektif

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 belum berakhir dan sebagian orang masih diharuskan untuk bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH). Upaya ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Bekerja dari rumah tentu tidak mudah, sebab kamu harus bisa membagi waktu antara pekerjaan kantor dan urusan rumah.

Merasa bosan dengan situasi pandemi yang membuat suasana hati menjadi jenuh merupakan hal yang wajar. Terlebih lagi, para pekerja tetap dituntut harus produktif untuk menyelesaikan pekerjaannya meski dari rumah. Bagi sebagian orang merasa WFH menjadi tantangan tersendiri.

Dengan begitu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap bisa bekerja secara nyaman dan efektif selama WFH yang dilansir My Imperfect Life, Selasa (12/10/2021).

1. Memiliki Ruang Kerja Sendiri

Memiliki ruangan yang didedikasi untuk bekerja dari rumah bisa membuat perbedaan besar, lho. Tidak sedikit orang yang WFH mengerjakan pekerjannya di meja ruang tamu dan mendapat kesulitan bekerja karena merasa tidak nyaman. Jika memiliki ruang kerja sendiri, kamu bisa bekerja lebih fokus dan efisien.

Work in My Pyjamas mengungkap, “Kebutuhan, kebisingan dan gangguan anak-anak terjadi setiap saat. Dengan memiliki ruang untuk memisahkan pekerjaan akan memungkinkan kamu untuk berkonsentrasi dan menjadi lebih produktif,”

Pada dasarnya, ruangan ini bertujuan agar jauh dari gangguan untuk menyelesaikan pekerjaan dan membantu menjaga kehidupan kerja dan rumah tetap terpisah.

2. Menyediakan Peralatan Kantor

Jika ruangan kerja sendiri sudah ada di rumah, lengkapi ruangan tersebut dengan peralatan yang bisa membuat suasana seperti meja kantor sungguhan. Umumnya, orang memiliki peralatan dasar seperti meja, laptop, kursi dan meja.

Pastikan kursi dapat memberikan kenyamanan. Tidak disarankan untuk menggunakan kursi yang tegak. Hal ini disebabkan kamu bisa duduk selama berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan. Sementara, meja yang luas dan memiliki ruang penyimpanan seperti laci bisa menjadi pilihan.

Sebagai rekomendasi pelengkap lainnya, Sahabat Fimlea bisa menambahkan tempat sampah kecil dan tempat untuk menyimpan pensil, stabilo dan keperluan lainnya.

3. Mendekorasi Ruangan Kerja

Ruangan kerja dapat terasa seperti kantor sungguhan ketika didekorasi dan disesuaikan sesuai selera. Jika ingin bekerja dengan suasana yang lebih menyenangkan, memajang lukisan dan menyediakan speaker Bluetooth bisa menjadi pilihan dekorasi. Selain itu, menambahkan cemilan sehat di atas meja yang bisa dikonsumsi ketika lapar datang juga mampu menambah kreasi ruangan.

4. Pertahankan Rutinitas Sehari-Hari

Hal yang paling penting agar bisa bekerja nyaman dan efektif adalah dengan mempertahankan rutinitas sehari-harimu. Terkadang, terlalu mudah terganggu, pelupa bahkan kurang motivasi membuat kenyamanan bekerja jadi terganggu. Untuk melawan rasa ingin menunda-nunda pekerjaan, bangunlah rutinitas kerja dan mengatur jadwal agar dapat lebih terorganisir.

5. Istirahat Secara Teratur

Pastikan mengambil jeda melihat layar laptop dan dapatkan udara segar. Sesekali ambil istirahat jika mata sudah terasa lelah. Manfaatkan waktu istirahat dengan berjalan-jalan saat istirahat makan siang bahkan setelah atau sebelum bekerja. Istirahat juga dapat dilakukan dengan cara bersosialisasi bersama keluarga hingga mengerjakan hobi yang disenangi.

Itulah 5 tips agar Sahabat Fimela tidak jenuh jika diharuskan WFH dalam waktu yang lama. Selamat bekerja!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading