Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Kecanduan Belanja

Fimela.com, Jakarta Belanja saat ini sudah menjadi kebutuhan semua orang. Apalagi dengan sistem belanja online yang membuat kita jadi lebih mudah mendapatkan barang-barang yang kita inginkan. Sayangnya, dengan kemudahan akses belanja ini banyak yang tidak bijak menggunakannya. Sehingga kita jadi boros dan belanja semaunya, entah barang itu dibutuhkan atau tidak yang penting bisa belanja.

Nah, berikut ini beberapa tanda kalau kamu kamu kecanduan belanja.

1. Membeli barang yang tidak perlu

Salah satu tanda kecanduan belanja ditunjukkan dengan membeli barang yang tidak perlu. Kamu cenderung tidak berpikir secara rasional, karena hanya didasari dengan emosi sesaat saja. Kamu mudah tergoda oleh diskon dan membeli barang sesuka hatimu padahal kamu tak membutuhkannya.

2. Saat ada masalah kamu lari ke belanja

Banyak orang yang bersikap impulsif akibat kesepian, kurang percaya diri dan masalah mental lainnya. Jadi untuk mengatasinya, kamu akan melampiaskannya dengan cara menghabiskan uang untuk berbelanja.

3. Kamu punya banyak yang tak terpakai

Banyak barang yang sebelumnya kamu beli tapi belum kamu pakai bahkan buka hingga saat ini. Kamu mungkin lupa tentang beberapa pembelian ini. Coba ingat-ingat lagi apakah itu sudah terpakai semua? Jika tidak, kamu mungkin memang sudah kecanduan belanja.

4. Menyesal setelah berbelanja

Kamu mungkin merasa menyesal setelah berbekanja banyak barang, karena pada akhirnya kamu merasa bahwa barang tersebut tidak kamu butuhkan sama sekali. Tapi pada akhirnya, seorang pacandu belanja akan merasionalisasi tindakannya tersebut dengan berbagai alasan agar dapat menghilangkan perasaan bersalah.

5. Cemas saat tak belanja

Tanda yang dapat diketahui dari seorang pecandu belanja, saat kamu mengalami rasa cemas dan gelisah yang berlebihan saat tidak berbelanja dan menghabiskan uang untuk membeli barang.

Jika kamu merasakan beberapa tanda tersebut, kamu mungkin perlu memperbaiki pola pikir tentang kebutuhan dan keinginanmu agar bisa terbebad dari kecanduan berbelanja barang-barang yang tak perlu.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading