Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Buku Kepemimpinan yang Wajib Kamu Miliki

Fimela.com, Jakarta Di usia yang tidak muda lagi membuat sebagian milenial melakukan berbagai cara untuk self improvement yaitu dengan mengikuti kursus atau membaca buku. Hal ini dilakukan agar mendapatkan padangan hidup yang sesuai dengan kriteria.

Self improvement merupakan pengembangan diri yaitu dengan melakukan investasi pada diri sendiri agar dapat mengontrol atau mengendalikan diri kita dengan sangat baik dan efektif.

Selain itu self improvement juga dilakukan untuk memaksimalkan segala potensi yang ada dalam diri sehingga dapat menjadi generasi milenial yang memiliki pribadi yang luar biasa dan dapat bertahan. Salah satu karakter yang perlu kamu bangun ialah karakter kepemimpinan

Untuk itu, berikut Fimela.com akan membagikan 5 rekomendasi buku kepemimpinan yang wajib kamu miliki. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Start With Why

Rekomendasi buku kepemimpinan yang pertama ialah buku yang ditulis oleh Simon Sinek berjudul 'Start With Why'. Buku ini menjelaskan tentang pentingnya kata “mengapa” dalam membangun sebuah bisnis atau organisasi. 

Salah satu kisah yang ditonjolkan dalam buku adalah cerita perjalanan dari Apple Inc tentang pentingnya mengidentifikasi tujuan suatu bisnis, untuk membuat keputusan besar sesuai visi.

Tak hanya itu, ada juga bagian tentang bagaimana para pemimpin berpikir, bertindak, dan berkomunikasi. Kisah dari Steve Jobs, Wright Brothers, hingga Martin Luther King Jr., dikatakan punya cara yang sama untuk membangun organisasi jadi lebih baik dan berbeda.

Leaders Eat Last

Leaders Eat Last masuk dalam jajaran rekomendasi buku kepemimpinan yang wajib kamu miliki karena buku ini akan memberikan insight yang sangat berguna untuk mengembangkan kemampuanmu dalam memimpin. Buku ini mencontohkan kepemimpinan Marinir Amerika Serikat yang mengedepankan prinsip bahwa sebagai komandan hendaknya memperhatikan dahulu bawahannya, atau disebut dengan “officer eat last”.

Sebagai senior dan pemimpin, mereka mendahulukan junior atau anak buahnya untuk merasakan kenyamanan dan kepentingan mereka dahulu. Pesan inilah yang ingin disampaikan oleh Simon Sinek lewat selaku penulisnya. Ia percaya bahwa pemimpin harus memastikan adanya rasa aman di sekeliling kelompoknya. Dengan begitu, mereka akan memiliki rasa saling percaya dan melindungi satu sama lain.

 

Great Leaders Have No Rules

Buku ini menepis anggapan bahwa kepemimpinan adalah keadikuasaan. Sebagai penulis, Kevin Kruse dalam bukunya mengajarkan cara menjadi pemimpin yang diidamkan oleh pegawai, karyawan, bawahan, sekaligus menjadi pemimpin berprestasi yang diincar semua CEO. Tanpa drama, tanpa stres, tanpa bekerja sampai larut malam di kantor.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga memberikan pendekatan yang radikal dalam hal kepemimpinan. Segala prinsip dijelaskan lewat contoh nyata serta studi kasus, dan ditunjukkan cara mengaplikasikannya.

Leadership Mastery

Sudah bukan rahasia lagi jika nama Dale Carnegie sangat tersohor sebagai pelatih atau motivator pengembangan diri dan lainnya. Ada banyak buku-bukunya yang selalu jadi best seller, termasuk buku yang satu ini, Leadership Mastery.

Singkatnya, buku ini menjelaskan bagaimana seorang pemimpin yang baik, entah itu untuk memimpin orang lain maupun diri sendiri. Dalam buku ini, kamu akan membaca prinsip-prinsip kepemimpinan Dale Carnegie yang terkenal dan takkan pernah berubah, hanya cara penerapannya yang telah berubah.

The Pilot Way: Seni Memimpin Diri, Tim & Organisasi ala Pilot

Rekomendasi yang kelima yakni, The Pilot Way: Seni Memimpin Diri, Tim & Organisasi ala Pilot yang mengajarkan kemampuan memimpin dengan cara yang unik, tepatnya lewat dunia penerbangan. Penerbangan mengajarkan tentang memandang dan memaknai kehidupan.

Dari fisik pesawat, kita diajarkan untuk hidup seimbang. Dari sisi pilot, kita diajarkan bagaimana cara memegang kendali kehidupan, karena pilot yang profesional tahu bagaimana cara bersikap saat cuaca buruk datang, dan para penumpang bisa selamat.

Tidak seperti buku pada umumnya, buku ini akan mengajak kamu menyelami makna kepemimpinan dan kehidupan dengan perspektif penerbangan, khususnya pada pilot. Disajikan dengan gaya bertutur perspektif tanpa menggurui, buku ini penuh dengan cerita menggelitik, dilengkapi dengan studi kasus dan best practices yang memudahkan kita untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Badan Kurus Walaupun Makan Terus yang Sering Dipertanyakan
Artikel Selanjutnya
15 Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan yang Bikin Panik Saat Melakukan Transaksi