Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Insecurities saat Dirimu Merasa Tak Berharga

Fimela.com, Jakarta Salah satu perasaan yang paling tidak nyaman adalah ketika kita merasa tidak berharga. Saat kita merasa hidup yang kita jalan ini sudah tak bernilai lagi, biasanya kita jadi kehilangan harapan hidup. Kita tak punya semangat untuk menjalani hidup, bahkan saat sudah sampai ke tingkat ekstrem bisa terlintas keinginan untuk mengakhiri hidup.

Mengatasi perasaan tak berharga ini memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, kita selalu bisa melakukan usaha atau upaya untuk membuat diri lebih nyaman. Kita masih bisa memilih sejumlah cara untuk mengatasi insecurities atau rasa insecure yang kita rasakan.

1. Maafkan Diri Sendiri

Mengutip buku Loving the Wounded Soul, perasaan tidak berharga yang muncul sewaktu Depresi sering kali tidak realistis. Bila kamu merasakan suasana hati yang tidak nyaman seperti worthless, hopeless, dan helpless, bisa jadi kamu sedang mengalami depresi. Seseorang yang mengalami depresi biasanya terus mengingat-ingat kejadian di mana ia selalu merepotkan dan menjadi beban orang lain. Semakin mengingat momen tak menyenangkan itu, semakin tak berharga diri ini rasanya. Di saat seperti ini, penting untuk lebih dulu memaafkan diri sendiri. Maafkan diri sendiri bisa jadi langkah awal untuk menenangkan diri.

2. Tenangkan Diri

Butuh ruang untuk sendiri? Luangkan waktu untuk beristirahat. Sedang ingin menyepi dan menenangkan diri? Lakukan sesuai dengan kenyamananmu. Ketika kita merasa tidak berharga, biasanya kita tidak ingin berhubungan dengan siapa-siapa. Bila yang kamu inginkan saat ini adalah untuk menyendiri, tak apa. Kembali rengkuh dan peluk diri untuk bisa mendapatkan ketenangan yang dicari.

3. Terhubung dengan Orang Terpercaya

Kamu mungkin sedang butuh teman bicara untuk meringankan hati dan perasaan. Maka dari itu, cobalah untuk kembali terhubung dengan orang-orang terdekat dan yang paling kamu percaya. Bisa dengan teman, sahabat, kerabat, atau pasangan. Terhubung dengan seseorang dan mengobrol biasanya akan membantu kita untuk merasa lebih nyaman.

4. Lakukan Hal yang Paling Disukai

Menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif bisa menghadirkan makna hidup kita kembali. Kadang kita merasa tidak berharga jalani hidup karena merasa tak punya arti atau makna lagi. Kalau ini yang terjadi, maka kita bisa coba untuk melakukan hal yang paling kita sukai. Ciptakan kegiatan atau rutinitas baru yang membuat kita kembali bersemangat jalani hari.

5. Cari Bantuan Profesional

Kita tak bisa mendiagnosis diri sendiri. Kita tak bisa langsung mengklaim diri kita mengalami gangguan atau masalah kesehatan mental tertentu sebelum memeriksakan diri ke tenaga profesional. Jika perasaan tak berharga makin sering kamu rasakan dan tak kunjung reda, ada baiknya untuk mencari bantuan ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Bisa berjuang dan bertahan hingga sampai ke titik ini, kamu sudah sangat luar biasa. Terima kasih untuk tidak pernah menyerah menjalani hidup. Yuk, perlahan kita kembali melangkah ke depan sebab hidup ini tetap layak diperjuangkan.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Smiling Depression dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Kurang Tidur dan Kelelahan Bisa Meningkatkan Risiko Depresi