Sukses

Lifestyle

Penelitian Ungkap 4 Alasan Wanita Butuh Tidur Berkualitas Lebih Lama Dibandingkan Pria

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda bergantung pada faktor seperti usia, kehamilan, dan kualitas tidur. Meski pada umumnya waktu tidur yang direkomendasikan untuk alasan kesehatan adalah 7-8 jam perhari.

Selain faktor-faktor tersebut, ternyata jenis kelamin juga menjadi salah satu faktor untuk mengetahui waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

Sebuah studi tahun 2014 yang berjudul “Exploring Sex and Gender Differences in Sleep Health: A Society for Women’s Health Research Report” yang diterbitkan di National Library Medicine, menemukan bahwa waktu tidur bagi wanita berbeda dengan pria.

Sependapat dengan penelitian tersebut, Kepala Urusan Medis Asia dan Amerika Latin ResMed, Sibasish Dey, mengungkapkan bahwa beberapa penelitian lainnya juga membuktikan bahwa kebutuhan tidur mungkin agak berbeda antara pria dan wanita. Disebutkan bahwa wanita butuh tidur sekitar 11-13 menit lebih lama

“Kebutuhan tidur mungkin agak berbeda antara pria dan wanita, mengingat struktur biologis mereka,” ujarnya, dikutip Indian Express.

Namun, apa alasan wanita butuh waktu tidur berkualitas lebih lama? Simak 5 alasan berikut ini selengkapnya.

 

1. Risiko Gangguan Tidur

Dalam penelitian tersebut disebutkan, bahwa 40 persen wanita lebih rentan terhadap gangguan seperti insomnia dan restless leg syndrome (RLS) yang menyebabkan dorongan tak terkendali untuk menggerakan kaki.

Hal ini biasanya disebabkan karena sensasi yang tidak nyaman, mengharuskan wanita untuk tidur lebih lama untuk mengganti waktu tidur yang hilang.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Seperti yang diketahui, wanita cenderung mengalami banyak perubahan hormonal sepanjang hidup mereka. Perubahan hormon inilah yang menciptakan gangguan dalam ritme sirkadian mereka, membutuhkan tidur ekstra.

3. Kesehatan Mental

Selain itu, disebutkan bahwa wanita dua kali lebih mungkin menderita depresi daripada pria.  Di India misalnya, wanita cenderung menghadapi masalah kesehatan mental yang merugikan karena komitmen profesional mereka dan tanggung jawab tambahan pekerjaan rumah tangga.

“Siklus tidur yang baik diperlukan bagi mereka untuk menjaga kesehatan mental mereka,” ujar Dr. Dey.

4. Multitasking

Menurut para peneliti di Loughborough University Inggris, wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria dikarenakan wanita cenderung multitasking. Seperti bekerja dan mengurus keluarga mereka.

Hal ini menyebabkan siklus tidur yang buruk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kurang tidur meningkatkan risiko hipertensi, diabetes tipe 2, stroke, jantung, stress, dan masalah kesehatan mental. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat memperburuk gangguan mood yang sudah ada sebelumnya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading