Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Dari Tour Guide di Bali, I Gede Sujana Kini Sukses Jadi General Manager Hotel Ternama

Fimela.com, Jakarta Hasil tidak mengkhianati usaha menjadi kalimat yang tepat untuk menggambarkan perjalanan karier seorang I Gede Sujana di dunia hospitality. Lebih dari 20 tahun bekerja di sektor perhotelan, membuat I Gede Sujana banyak pengalaman, baik di F&B, bar, hingga room service.

Setelah perjalanan 20 tahun, I Gede Sujana dipercaya untuk memimpin sebuah hotel mewah di kawasan Yogyakarta, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa. Kepercayaan ini diberikan kepada I Gede setelah pindah ke berbagai jenis hotal di bawah naungan Marriott.

I Gede Sujana sendiri awalnya menjadi tour guide di tanah kelahirannya di Bali. Dari situ, ia terinspirasi untuk mendalami dunia perhotelan setelah banyak diskusi dengan teman sepermainan. Hingga akhirnya, ia serius meniti perjalanan di dunia perhotelan dengan bersekolah di Shatec School Singapore dengan spesialisasi.

 

Perjalanan karier di perhotelan

Memiliki latar belakang di dunia perhotelan, membuat I Gede makin memberanikan diri untuk meniti karier di bidang yang sama. Karier pertamanya ia torehkan di Pulau Bintan, tepatnya di Manamana Beach Club di Banyan Tree Hotels & Resorts. Masih di bidang yang sama, I Gede pindah ke Brunei Darussalam di The Empire Hotel & Country Club sebagai Assistant Restaurant Manager.

Di Brunei, I Gede mendapat pengalaman untuk bekerja di banyak departemen yang membuatnya memiliki makin banyak bekal. Bahkan ia mendapatkan promosi untuk menjadi Assistant Food and Beverage Manager.

Kembali ke Indonesia, I Gede kembali menjelajah ke sejumlah hotel mewah di Jakarta, Bali, Belitung, dan Makassar. Hingga akhirnya, I Gede berlabuh di Yogya di Sheraton Mustika Yogyakarta Resorts & Spa.

 

Memegang prinsip kedisiplinan

Dengan banyaknya pengalaman yang telah ia miliki, I Gede tidak pernah melewatkan apa yang disebut work life balance. Ia menyadari pentingnya untuk tetap memiliki waktu bersama keluarga dan berolahraga.

"Kedisplinan dan konsistensi harus dimiliki oleh para pekerja dan semua staf di manajemen. Bukan untuk bekerja keras dan bekerja berlebihan, tapi menyelesaikan pekerjaan yang harus dikerjakan. Setelah selesai bekerja, staf hotel bisa menggunakan waktunya untuk bertemu dengan keluarga dan bisa melakukan latihan. So, that's all balance," kata I Gede Sujana.

Di Yogya, I Gede melakukan banyak adaptasi bersama semua staf hotel. Di awal 2022, ia optimis bisa mengubah wajah Sheraton yang lebih baru dan segar. Sehingga semua orang bisa merasakan sensasi menginap layaknya bangsawan Jawa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading