Sukses

Lifestyle

10 Penyebab Doa Tidak Terkabul yang Wajib Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela memanjatkan doa, tetapi merasa bahwa doa tersebut tidak pernah terkabulkan? Doa bisa membuat semua orang menjadi lebih tenang, dan semua orang berharap bahwa doa akan dikabulkan oleh Allah. Tetapi ada kemungkinan doa tidak dikabulkan, karena salah melakukan doa.

BACA JUGA: Doa Melunakkan Hati Orang Lain Agar Cepat Dikabulkan

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ”Doa adalah ibadah.” (HR. Tirmidzi no. 2969. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Dalam sabda tersebut, artinya doa merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan semua umat. Dengan berdoa, maka manusia dapat berkomunikasi secara langsung dengan Allah SWT. Sehingga akan diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan.

Doa yang tidak terkabulkan biasanya disebabkan karena seseorang memiliki niat buruk yang terselip dalam doanya. Namun, bisa saja ada disebabkan oleh faktor penghambat lainnya. Berikut penyebab doa tidak terkabul yang wajib diperhatikan, dilansir dari Brilio.net:

BACA JUGA: Doa Syukuran Agar Terkabul Bahasa Arab Latin Dan Artinya

Penyebab Doa Tidak Terkabul

1. Ada Banyak Dosa yang Masih Terselip

Jika masih melakukan perbuatan-perbuatan maksiat dan dosa, maka doa tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tanpa disadari, ada banyak dosa yang masih terselip dalam diri kita saat berdoa. Bahkan ada beberapa kata-kata yang dipanjatkan dalam doa, tetapi mengandung dosa yang terselip.

2. Tidak Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa

Saat berdoa, wajib mengangkat kedua tangan agar doa terkabul. Aisyah radhiyallahu ‘anha bersabda:

“Sesungguhnya beliau melihat Rasulullah berdoa sambil mengangkat tangan dan berkata: “Ya Allah, sesungguhnya saya hanyalah seorang manusia” (Adab Mufrad 613, berkata Al Hafidl: “Sanadnya shahih.”)

3. Tidak Menyebut Nama-Nama Allah Saat Berdoa

Allah SWT memiliki 99 nama yang dikenal dengan Asmaul Husna. Agar doa kita mudah dikabulkan, sebaiknya sebut nama-nama Allah saat berdoa, seperti “Ya Allah Ya Rahman” atau “Ya Allah Ya Rahim”. Firman Allah dalam surah Al Araf 180 bersabda : "Allah SWT, mempunyai asmaul Husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu."

4. Menggunakan Barang dan Mengonsumsi Makanan Haram

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda: “Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah Ta’ala memerintahkan kepada kaum mukminin seperti yang Dia perintahkan kepada para rasul. Maka, Allah Ta’ala berfirman, ’Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan’" –Qs al-Mu’minûn/23 ayat 51-

Dan Allah Ta’ala berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rizki yang baik yang Kami berikan kepada kamu" –Qs al-Baqarah/2 ayat 172-

Kemudian Rasulullah menyebutkan orang yang lama bepergian; "rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, ‘Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku,’ sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan diberi kecukupan dengan yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan?” Hadits ini shahîh, diriwayatkan oleh: Muslim, No. 1015.

Penyebab Doa Tidak Terkabul

5. Jarang Melakukan Kewajiban

Walaupun rajin berdoa tetapi jarang melakukan kewajiban, hal ini bisa menyebabkan doa tidak terkabul. Pastikan Sahabat Fimela mendekatkan diri kepada Allah, dengan rajin berdoa dan melakukan semua kewajiban. Usahakan dengan hati, pikiran dan perbuatan yang suci.

6. Tidak Pernah Bersyukur

Allah selalu memberikan kenikmatan dan mencukupi semua kebutuhan umatnya. Namun sebagai manusia, sering kali kita lupa bersyukur atas nikmat Allah, sehingga membuat doa tidak terkabulkan. Dari An Nu’man bin Basyir, Nabi saw bersabda, “ Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (H.R Ahmad,4/278)

7. Sering Melakukan Perbuatan yang Sesat

Tanpa disadari, ada banyak hal yang dibisikan oleh iblis, dan membuat manusia melakukan perbuatan yang sesat penuh dengan dosa. Tentu saja hal ini bisa membuat Allah murka, dan doa tidak dikabulkan. Untuk itu, sucikan diri sebelum berdoa dan hindari melakukan perbuatan dosa.

Penyebab Doa Tidak Terkabul

8. Membicarakan Aib Orang Lain

Pernahkan Sahabat Fimela bergosip dan membicarakan aib orang lain? Jika pernah, sebaiknya berhenti melakukan perbuatan dosa ini. Karena menyebabkan doa tidak terkabul. Alla SWT pernah bersabda bahwa:

 

“Hai orang–orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kalian mencari–cari kesalahan orang lain, serta janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. sukakah salah seorang diantara kalian memakan daging saudaranya yang sudah mati ? tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha penerima tobat lagi Maha penyayang.” (Q.S Al Hujurat : 12)

9. Sombong Dihadapan Allah

Saat berdoa kepada Allah, tetaplah rendah diri dan jangan pernah menyombongkan diri dihadapan Allah. Karena Allah tidak menyukai kesombongan yang ada pada umatnya. Kesombongan rohani dapat menyesatkan dan menimbulkan dosa. Allah SWT pernah berfirman bahwa:

“Berdoalah kepada Rabbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.” (Q.S. Al-A’raf:55)

10. Tidak Berdoa dengan Kusyuk

Penyebab doa tidak terkabul yang terakhir adalah karena tidak kusyuk dalam berdoa. Kekusyukan dalam doa bisa membuatmu lebih fokus kepada Allah, dan melupakan hal-hal yang bersikap duniawi. Seperti sabda Allah bahwa:

“Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) segala kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.” (Q.S. Al-Anbiya’:90)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading