Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengurangi Makanan Manis Setelah Lebaran

Fimela.com, Jakarta Saat Lebaran Idul Fitri tiba tentu banyak hidangan lezat yang bisa kita nikmati bersama keluarga. Mulai makanan manis, gurih, pedas dan asin pastinya tersedia di meja tamu. Nah, pastikan kamu mengatur dan mengontrol porsi makanan dan beberapa jenis asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan manis yang berlebihan tentu dapat mengganggu kesehatan tubuhmu. Memang sulit untuk menghindari makanan manis apalagi di tengah lebaran. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan risiko diabetes dan kelebihan berat badan. Tentu, Sahabat Fimela tak ingin mengalami kenaikan berat badan, bukan?

Jika ingin mengurangi makanan manis, beberapa tips berikut dapat membantumu untuk mengatasinya. Penasaran? Yuk, simak selengkapanya di bawah ini. 

1. Kurangi Makanan Manis

Makanlah sedikit dari apa yang kamu ingin makan, mungkin kue kecil atau permen ukuran mungil sekali pun. Menikmati sedikit dari apa yang kamu sukai dapat membantumu menghindari perasaan ingin makan secara berlebihan. Cobalah untuk tetap pada ambang batas 150 kalori setiap harinya.

2. Kombinasikan Makanan

Jika tampaknya berhenti mengonsumsi makanan manis sulit kamu lakukan, kamu dapat mengombinasikan beberapa jenis makanan manis dengan makanan sehat lainnya. Kamu dapat mencapurkan kacang almind dengan sedikit cokelat.

3. Sarapan Sehat

Mengawali hari dengan sarapan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Umumnya, makanan yang menjadi menu sarapan, yaitu sereal dan roti, mengandung gula cukup banyak.

Sebagai alternatif pengganti menu sarapan yang bukan makanan manis, kamu dapat mencoba bubur dan biskuit gandum. Untuk memberi rasa sedikit manis, kamu dapat menambahkannya dengan aprikot kering dan pisang yang sudah dihaluskan.

4. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan yang sudah dikemas sedemikian rupa umumnya mengandung banyak gula. Oleh sebab itu, penting bagimu untuk melihat bagian belakang kemasan untuk mengetahui kadar gula yang terkandung dalam makanan olahan tersebut. Apabila kadar gula melebihi batas, berpikirlah untuk mengonsumsi makanan tersebut.

5. Makan Secukupnya

Guna menghindari konsumsi gula berlebih, makanlah secara teratur tiga kali dengan dua kali camilan sehari. Pola makan yang tidak teratur akan membuatmu merasa lapar, dan mendambakan makanan yang manis. Hal itulah yang berbahaya bagi tubuhmu.

Tetap atur pola makan dan gaya hidup sehat ya, Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading