Sukses

Lifestyle

5 Penyebab iPhone Tidak Bisa di Cas dan Cara Memperbaikinya

Fimela.com, Jakarta Tentu akan sangat menjengkelkan dan membuat frustrasi jika kita mengetahui iPhone yang kita miliki tidak dapat mengisi daya saat mencolokkan ke stop kontak, hal ini terkadang dapat disebabkan oleh handphone, charger, atau stop kontaknya sendiri. Akan tetapi saat iPhone tidak dapat diisi day nya hal ini terkadang buat masalah yang cukup besar, terlebih saat kita sedang membutuhkannya.

iPhone lebih banyak disukai karena memiliki fitur dan kemampuan yang cukup baik dan banyak ditawarkan, selain itu iPhone memiliki kamera yang cukup jernih dan kapasitas Storage yang sangat banyak. Hingga sekarang iPhone ada pada seri iPhone 13 yaitu seri terbaru.

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan fitur yang ditawarkan tetapi iPhone sendiri juga memiliki banyak kekurangan atau masalah yang sering digunakan. Yaitu penggunaan baterai yang cukup boros atau masalah lainnya, berikut beberapa penyebab iphone tidak bisa di cas:

1. Koneksi Kabel

Koneksi kabel yang salah dapat menyebabkan masalah dengan perangkat yang tidak mengisi daya, terkadang koneksi juga dapat terputus dan membuat kita tidak menyadarinya sampai mengambil ponsel yang telah dicas padahal tidak terisi daya sama sekali.

Hal ini juga bisa terjadi karena koneksi antara kabel dan ada iPhone tidak cukup kuat atau konektor USB tidak terpasang dengan benar. Ada baiknya jika kamu memeriksa dan memastikan koneksi antara kabel dan telepon yang stabil.

2. Port Pengisian Daya Kotor atau Rusak

Penyebab lain selain koneksi kabel ternyata hal yang membuat iPhone tidak dapat dicas adalah port baterai ponsel yang kotor, karena port pengisian daya merupakan sebuah lubang ditengah ponsel maka hal ini akan membuatnya rentan terhadap debu. Selain itu hal ini juga dapat mengumpulkan kotoran, serat, dan hampir semua kotoran yang kecil cukup untuk masuk ke dalam lubang tersebut.

Jika adanya debu atau kotoran yang masuk ke dalam port pengisian daya maka mereka akan memblokir pin sambungan daya yang mencegah perangkat untuk mengisi daya. iPhone sendiri memiliki sembilan konektor di food nya jadi jika salah satu terblokir maka ponsel sepenuhnya tidak dapat mengisi daya. Hal yang perlu kamu akan adalah membersihkan debu dan kotoran di dalamnya dengan menggunakan tusuk gigi atau sikat gigi.

3. Kabel Rusak

Kabel iPhone dikenal karena kerapuhannya hal ini berarti ketika kita sering menunggu kabel Pengisian daya maka dapat mempertaruhkan daya tahan ya. Jika kamu menemukan iPhone tidak mengisi daya mungkin salah satu penyebab nya yaitu kapal yang rusak maka dari itu kamu perlu memeriksa apakah ada kabel yang rusak atau bagian kabel yang bermasalah.

4. Stopkontak yang Bermasalah

Setelah kamu memeriksa Pengisian daya dan port pada iPhone maka salah satu kemungkinan penyebab iPhone tidak dapat dicas adalah stop kontak yang kamu gunakan. Untuk memeriksa stop kontak bermasalah atau tidak ada baiknya untuk menggunakan pengisi daya yang berbeda atau colokan berbagai ke dalamnya jika semuanya selain pengisi daya berfungsi maka pengisi daya yang bermasalah. Akan tetapi, jika semuanya tidak berfungsi maka stop kontak lah yang bermasalah.

5. Perangkat Lunak Iphone Tidak Berfungsi

Terkadang hal ini bukanlah penyebab pada Pengisian daya, stop kontak, atau food pada Pengisian daya akan tetapi pada smartphone itu sendiri. Perangkat lunak iPhone yang tidak berfungsi biasanya akan menyebabkan tidak mengisi daya, meskipun pengisi daya dan stop kontak merupakan komponen utama. Perangkat lunak biasanya sangat rapuh dan tidak berfungsi karena adanya gangguan kecil, selain itu perangkat lunak juga akan berhenti mengisi daya ponsel jika mendeteksi fluktuasi daya.

Cara Mengatasi Iphone Bermasalah

  • Cobalah untuk Pengisi Daya yang Berbeda.
  • Perbaiki Iphone yang kamu gunakan.
  • Mencari tahu penyebab iphone tidak mau diisi daya.
  • Memperbaharui sistem operasi.

Meskipun sering membuat kita khawatir saat iPhone tidak terisi daya, akan tetapi ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika menghadapi masalah tersebut. iPhone yang tidak dapat mengisi daya bukan hanya disebabkan karena perangkat lunak bisa jadi stop kontak, port, kabel atau adapter yang rusak. Akan tetapi jika kamu tidak mengetahui penyebab nya ada baiknya untuk periksa ke teknisi khusus iPhone untuk memperbaikinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading