Sukses

Lifestyle

8 Hal yang Sebaiknya Tak Diposting di Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Media sosial saat ini menjadi hal yang penting bagi hampir setiap orang. Rasanya, tiada hari tanpa bermedia sosial. Selain sebagai hiburan, media sosial juga kerap dijadikan sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Meski tiada hari tanpa media sosial, saat bermedia sosial sebaiknya tetap bijak ya Sahabat Fimela. 

Melansir dari laman liputan6.com, ada beberapa hal yang sebaiknya tak diposting di media sosial. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak terlalu diumbar ke publik. Apa saja hal tersebut? Simak yang berikut ini.

Rencana Liburan atau Perjalanan

Rencana liburan baik itu gambaran lokasi yang hendak dituju atau tiket kendaraan umum yang dinaiki sebaiknya tak dibagikan di media sosial. Hal ini karena kita tak pernah tahu siapa saja yang mengetahui status kita di media sosial dan apakah orang itu baik semua atau ada yang merencanakan sesuatu yang buruk terhadap kita bahkan rumah kita saat tidak ada orang di rumah.

Data Pribadi

Usahakan agar tidak memposting data pribadi di media sosial. Ini demi meminimalisir risiko penyalahgunaan data pribadi oleh orang lain yang tak kita kenal sebelumnya.

Lokasi

Sebaiknya jangan bagikan lokasi terkini. Hal ini demi melindungi dirimu dari orang-orang yang mungkin ingin berniat jahat padamu apalagi jika kamu sedang sendirian dan di tempat yang jauh dari orang-orang terdekatmu.

Keluh Kesah

Kurang etis jika kamu sering memposting keluh kesahmu di media sosial. Sebaiknya jangan pernah membagikan masalah yang sedang kamu hadapi di media sosial. Tidak semua orang baik dan berniat meringankan beban serta masalahmu. Beberapa orang mungkin akan merasa sangat bahagia dan bahkan bisa memperkeruh masalah yang sedang kamu hadapi. 

Hal yang Bisa Membebani Diri

Untuk umpatan, lelucon yang berlebihan dan hinaan atau bahkan fitnahan sebaiknya tidak diposting di media sosial. Ini bisa menjadi barang bukti jika ada orang yang kecewa dan tidak suka dengan apa yang kamu lakukan. Ini bisa dijadikan bukti pelanggaran hukum yang sah. 

Permintaan Saran

Tidak semua hal bisa diposting di media sosial termasuk permintaan saran dari orang lain. Jika memang kamu membutuhkan saran dari orang lain. Pilih teman curhat yang memang terpercaya dana mampu memberikan saran terbaiknya. Tidak semua orang harus tahu akan masalah dan harapanmu. Tidak semua orang bisa memberikan saran terbaik.

Pencapaian Terbaikmu

Kamu tak perlu memposting pencapaian terbaikmu di media sosial. Tidak semua orang akan merasa senang dengan pencapaian yang kamu dapatkan. Beberapa orang mungkin akan merasa iri dan dengki. Beberapa lagi mungkin akan memanfaatkan apa yang telah kamu capai selama ini. Ketika kamu membeli barang baru yang mahal harganya, sebaiknya juga tak perlu diumbar di media sosial. Tidak semua orang berniat baik dengan apa yang kamu miliki.

Hal yang Terlalu Pribadi

Hal-hal yang bersifat sangat pribadi seperti kemarahanmu pada pasangan, atasan atau saudara sebaiknya juga tidak diunggah di media sosial. Hal-hal pribadi lain seperti aktivitasmu di kamar mandi, tempat tidur dan tempat-tempat yang sangat privat sebaiknya cukup untuk diri sendiri. 

Itulah beberapa hal yang sebaiknya tak diposting di media sosial. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk menjadi pribadi yang bijak dalam bermedia sosial demi kenyamanan serta keamanan diri sendiri maupun orang lain.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading