Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Cepat Mengantuk, Merupakan Tanda Kelelahan yang Dialami

Fimela.com, Jakarta Tidur tentu sangat penting, selain itu hal ini dapat membuat kita akan merasa sangat baik dan membuat tubuh serta otak berfungsi dengan baik. Ada beberapa orang yang memiliki masalah dengan tidur mereka, selain itu hal ini dapat membuat banyak orang kesulitan tidur di malam hari.

Kurang tidur tentu dapat memberikan efek negatif pada tubuh dan otak, selain itu juga dapat mempengaruhi suasana hati, emosi, serta berbagai fungsi biologis. Mungkin sebagian orang susah untuk tidur, diantara lainnya ada yang lebih cepat mengantuk.

Sulit mengantuk maupun lebih cepat mengantuk dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya, kelelahan atau masalah kesehatan. Berikut beberapa penyebab seseorang cepat mengantuk yang lebih sering terjadi:

1. Kebiasaan Tidur

Salah satu penyebab seseorang lebih sering tidur adalah memiliki kebiasaan tidur, kebanyakan orang membutuhkan 7 hingga 9 jam untuk tidur setiap harinya. Selain itu jika seseorang tidak cukup tidur, berikut beberapa kebiasaan gaya hidup yang dapat mengganggu tidur seseorang di bawah ini:

  • Tidak akan tidur pada waktu yang sama di setiap harinya.
  • Menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur.

2. Mengkonsumsi Alkohol dan Obat-Obatan

Salah satu hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami tidur tak menentu atay sering tidur adalah penggunaan obat atau kerap mengkonsumsi alkohol. Ternyata alkohol dapat mengurangi kualitas tidur seseorang dan dapat mengganggu siklus tidur.

3. Kerja Shift Malam

Seseorang yang bekerja shift malam tentu akan merasa sangat lelah di siang hari, selain itu hal ini terkadang dapat membuat seseorang mengalami insomnia. Selain itu bekerja di malam hari dan melakukan perjalanan akan lebih sering membuat seseorang tertidur.

4. Kelelahan

Seseorang yang selalu bekerja atau melakukan aktvitas di sepanjang hari siang maupun malam tentu akan merasa kelelahan terus menerus, hal ini yang terkadang membuat seseorang selalu tidur dimanapun dan kapanpun dia merasa kelelahan. 

5. Pola Makan

Tahukah kamu? Bahwa pola makan juga dapat memberikan pengaruh pada aktivitas tidur kebanyakan orang. Seseorang yang memiliki pola makan buruk ternyata akan lebih sering kelelahan atau mengantuk. Saat kamu mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak maka akan terasa mengantuk terus menerus.

Nah, itulah beberapa penyebab yang membuat seseorang merasa mengantuk atau kelelahan. Kelelahan merupakan salah satu penyebab yang membuat seseorang selalu merasa mengantuk di setiap saat.

What's On Fimela
Loading