Sukses

Lifestyle

5 Faktor Ini Dapat Memengaruhi Kecerdasan Emosional

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki tingkat emosi yang berbeda-beda, ada orang yang mudah sekali untuk marah dan ada juga yang miliki kesabaran. Namun, apakah sahabat Fimela tahu bahwa kecerdasan emosional dapat dipengaruhi oleh cara bertindak dan cara berpikir untuk mengatasi situasi.

Kecerdasan emosi mengacu pada kemampuan seseorang untuk memahami dan mengelola emosi, serta cara utnuk mengenali perasaan orang lain. Melansir dari mindtools.com kecerdasan emosi biasanya sering ada dalam diri seseorang yang memiliki jiwa pemimpin karena menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan di masa depan.

Selain itu, inilah faktor yang dapat memengaruhi kecerdasan emosional sahabat Fimela.

1. Kesadaran diri

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kecerdasan emosional adalah kesadaran diri atau kemampuan diri untuk memahami emosi yang ada dalam diri sendiri. Kesadaran diri biasanya meliputi suasana hati, nada suara, dan bahasa tubuh. 

Setiap orang harus memiliki kesadaran diri karena dengan adanya faktor ini dapat menyadarkan bagaimana harus menyikapi atau menanggapi orang lain. Terkadang ada orang yang gampang emosi dan tidak, oleh karena itu faktor ini hadir sebagai penyeimbang untuk mengelola emosi yang ada dalam diri.

2.Cara mengatur diri

Untuk mengelola kecerdasan emosi, sahabat Fimela harus mengetahui cara untuk mengatur diri atau biasa dikenal dengan kemampuan untuk berpikir sebelum berbicara. 

Seseorang yang dapat mengatur diri dengan baik biasanya dapat juga mengatur dan mengelola emosinya dengan baik karena mereka memahami tindakan apa yang harus diambil untuk menghadapi berbagai situasi yang dapat memengaruhi suasana hati.

 

3. Motivasi

Faktor ketiga yang dapat memengaruhi kecerdasan emosional adalah motivasi atau sebuah proses yang dapat mengarahkan dan memengaruhi seseorang untuk mencapai tujuannya.

Motivasi menjadi salah satu faktor karena dapat memungkinkan seseorang untuk tetap setia pada tujuan, meskipun dilanda masa-masa sulit yang dapat menghancurkan tujuan mereka. 

Biasanya seseorang yang memiliki motivasi rendah lebih mudah untuk putus asa dan menyerah ketika menghadapi satu masalah. Namun, sebaliknya seseorang yang memiliki motivasi tinggi dapat menikmati setiap proses dan kesulitan yang dihadapi karena mereka percaya tindakan yang diambil worth it dengan waktu dan usaha yang telah dihabiskan.

4. Sikap empati yang dimiliki

Sikap empati yang dimiliki mengacu pada bagaimana seseorang dapat menyesuaikan diri dengan emosi orang lain. Terkadang orang yang memiliki kecerdasan emosional dapat membedakan mana emosi yang bercanda dan serius. 

Adanya sikap empati dapat membantu seseorang untuk lebih peka akan lingkungan sekitar dengan memperhatikan ekspresi wajah tertentu, perubahan suara, dan bahasa tubuh orang lain. 

6. Cara bersosialisasi

Cara bersosialisasi juga dapat memengaruhi kecerdasan emosi seseorang, biasanya seseorang yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi lebih mudah untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang. 

Kecerdasan emosional dapat membantu seseorang untuk membangun hubungan, komunikasi, dan menjalin persahabatan dengan orang lain karena mereka cenderung pandai untuk mengelola emosi. 

 

 

Cara meningkatkan kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kecerdasan yang dapat dilatih, sahabat Fimela dapat meningkatkannya melalui latihan yang dilakukan secara rutin setiap hari. Dilansir dari medicalnewstoday.com American Academy of Family Physicians (AAFP) menyebutkan bahwa terdapat sembilan cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

Berikut 9 cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

1. Memperjelas niat harian

Seseorang dapat menetapkan niat dengan membuat jadwal harian agar kecerdasan emosional semakin meningkat.

2. Beristirahat 

Jika seseorang memiliki istirahat yang cukup, biasanya mereka lebih mudah untuk mengendalikan emosi.

3. Melakukan pemeriksaan emosi

Untuk meningkatkan kecerdasan emosional dapat dilakukan dengan memeriksa secara teratur dan mempertimbangkan bagaimana perasaan serta tubuh bereaksi terhadap emosi.

4. Tarik napas

Untuk mengendalikan emosi terkadang sahabat Fimela harus diam sejenak dan mengambil napas untuk mengendalikan emosi yang ada di dalam diri.

5. Menciptakan ruang untuk emosi

Jika seseorang mengakui emosi negatifnya, mereka biasanya akan lebih mampu mengatasinya.

6. Peka terhadap lingkungan sekitar

Sahabat Fimela harus peka akan lingkungan sekitar untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Salah satunya dengan memahami perasaan orang lain, serta tidak mengabaikan orang lain.

7. Berusaha untuk berinteraksi dengan orang lain

Dengan berinteraksi secara serius dengan orang lain, seseorang dapat menjadi lebih sadar akan emosi orang lain.

8. Minta maaf

Untuk meningkatkan kecerdasan emosional dapat dilakukan dengan mengakui kesalahan yang dilakukan, meminta maaf atas kesalahan tersebut, dan bertanggung jawab.

9. Memulai dan mengakhiri hari dengan hal positif

Seseorang dapat memulai hari mereka secara positif dengan ritual pagi, seperti mendengarkan lagu favorit mereka, dan mengakhiri hari mereka dengan mencatat apa yang mereka syukuri.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading