Sukses

Lifestyle

5 Cara Membersihkan Dehumidifier yang Mudah dan Praktis

Fimela.com, Jakarta Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki kelembapan udara bersih dan sirkulasi udara bagus. Untuk menjaga kelembapan udara di dalam rumah, Sahabat Fimela bisa menaruh dehumidifier di ruang keluarga. Dehumidifier adalah alat canggih yang baru-baru banyak digunakan di rumah, sekolah, kantor dan ruangan tertutup lainnya.

Semenjak adanya pandemi Covid-19, pemasangan dehumidifier banyak dilakukan di rumah-rumah. Karena salah satu manfaat dari dehumidifier adalah untuk mencegah virus di dalam rumah, termasuk virus corona. Walaupun harganya lumayan mahal, tapi barang elektronik yang canggih satu ini wajib ada di dalam rumah.

Dehumidifier memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mudah untuk digunakan. Selain itu, Sahabat Fimela harus rajin membersihkan alat ini karena mudah kotor. Berikut cara membersihkan dehumidifier:

Manfaat Dehumidifier

1. Mengontrol Kelembapan Udara

Manfaat dehumidifier yang pertama adalah untuk mengontrol kelembapan udara. Ukuran normal kelembapan udara di dalam rumah adalah antara 45% - 64%. Kelembapan udara yang normal akan membuat rumah menjadi lebih sehat dan nyaman. Kelembapan udara yang terkontrol akan membuat virus dan bakteri hilang.

2. Mencegah Tumbuhnya Jamur

Kelembapan udara yang sangat tinggi dapat membuat jamur berkembangbiak. Dehumidifier akan sangat membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam rumah. Bahkan dengan adanya dehumidifier akan membantu mengurangi alergi pada kulit yang disebabkan oleh zat alergen dari jamur.

3. Menjaga Barang dalam Rumah Lebih Awet

Barang di dalam rumah seperti buku, furnitur dan pakaian akan sangat mudah rusak, jika kelembapan udara di dalam rumah sangat tinggi. Furnitur di dalam rumah juga sangat mudah rusak oleh jamur. Sehingga dengan adanya dehumidifier, akan membantu menjaga barang dalam rumah menjadi lebih awet.

Cara Membersihkan Dehumidifier

1. Matikan Dehumidifier

Sebelum membersihkan dehumidifier, jangan lupa untuk mematikan mesinnya dan mencopot kabel terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi konslet, saat dehumifier dibersihkan secara keseluruhan. Apalagi jika harus mencopot komponen yang ada di dalam dehumidifier.

2. Seka Bagian Luar

Kemudian seka atau lap bagian luar dehumidifier. Karena alat ini dapat menyerap udara yang kotor, pastinya pada bagian luar dehumidifier akan dilapisi oleh kotoran. Kamu bisa menggunakan kain kering dan lembut untuk membersihkannya. Usahakan jangan menggunakan sabun atau deterjen lainnya.

3. Bersihkan Filter Udara

Lepaskan semua komponen yang bisa di lepas dari dehumidifier. Salah satunya adalah filter udara. Karena filter udara dapat menyaring kotoran yang ada di udara, maka bersihkan filter udara secara berkala. Keluarkan filter udara dari mesin, kemudian cuci dengan sabun dan spon yang lembut. Keringkan terlebih dahulu sebelum dipasangan kembali ke dalam mesin.

4. Sedot dengan Vacuum Cleaner

Sahabat Fimela bisa menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu. Alat ini dapat mengangkat sisa debu dan kotoran yang ada di dalam dehumidifier. Gunakan vacuum cleaner yang kecil dan biasanya digunakan di dalam mobil.

5. Bersihkan Rutin

Dehumidifier adalah alat yang digunakan untuk menormalkan kelembapan udara dan membersihkan udara. Sebaiknya bersihkan alat ini seminggu 2 kali atau setiap hari jika sempat. Bersihkan komponen dengan hati-hati dan pasangkan kembali setelah dikeringkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading