Sukses

Lifestyle

How To: 7 Tips Membeli Kulkas Bekas

Fimela.com, Jakarta Kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang penting di dapur untuk menjaga makanan tetap aman. Berbagai manfaat bisa kamu rasakan ketika memiliki kulkas di dapur rumah, mulai dari makanan yang lebih awet, hingga memperlambat pertumbuhan bakteri.

Kulkas menjadi cara yang bagus untuk menghemat uang untuk belanjaan. Dengan menjaga bahan makanan tetap dingin dan dalam kondisi baik, kamu dapat menghemat uang dan lingkungan. Selain itu, lemari es adalah cara yang bagus untuk menjaga makanan tetap dingin untuk waktu yang lama. Ini akan membuat pengalaman belanja bahan makanan jauh lebih mudah.

Namun, membeli barang elektronik baru, seperti kulkas terkadang bisa sangat mahal, terutama jika kamu menginginkan model dengan semua teknologi dan fitur terbaru. Kamu mungkin hanya membeli kulkas sekali atau dua kali dalam hidup. Membeli kulkas bekas dapat menawarkan keuntungan nyata dalam menghemat uang sambil tetap mendapatkan peralatan berkualitas.  

Dilansir dari gleen.com dan hometips.com, memberikan tips mengenai apa saja yang harus dipertimbangkan dalam membeli kulkas bekas yang akan membantu kamu dalam memilih kulkas bekas dengan tetap mendapatkan kinerja terbaik dari kulkas bekas tersebut.

Tips membeli kulkas bekas

1. Ukur dimensi ruang di mana kulkas kamu saat ini.

Ini penting saat membeli lemari es apa pun, baru atau bekas, tetapi kamu harus sangat waspada saat membeli alat bekas karena mungkin tidak dapat dikembalikan jika tidak cocok.

2. Pastikan pintu lemari es dan freezer memiliki segel yang benar

Pintu yang bocor udaranya akan menghabiskan banyak energi. Cara mudah untuk menguji kebocoran udara adalah dengan menutup pintu pada selembar kertas. Segel yang buruk bisa menandakan paking yang buruk di sekitar perimeter pintu atau engsel yang perlu disesuaikan.

3. Arah pintu terbuka

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah arah pintu terbuka. Sementara sebagian besar kulkas modern menawarkan pintu yang dapat ditempelkan di kedua sisi alat, beberapa model lama tidak menawarkan opsi ini. Jika pintu berayun ke arah yang salah untuk dapur, tetapi kamu menyukai kulkas ini, periksa apakah arah pintu dapat dibalik.

4. Pastikan rak dan laci dalam kondisi baik

Perhatikan baik-baik bagian dalam lemari es dan freezer untuk memastikan semua rak dan laci disertakan dan dalam kondisi baik. Periksa sakelar lampu dan kenop kontrol untuk fungsi yang benar. Periksa pengaturan suhu untuk memastikannya mencapai dan mempertahankan suhu pendinginan yang diinginkan; lakukan ini di toko, jika memungkinkan.

5. Tanyakan apakah kulkas pernah mengalami perbaikan sebelumnya

Selalu tanyakan kepada penjual apakah lemari es telah diperbaiki setiap saat dalam masa pakainya atau apakah mereka mengalami masalah dengannya akhir-akhir ini. Jika kulkas pernah diperbaiki sebelumnya, kemungkinan akan mengalami masalah yang sama seperti sebelumnya di kemudian hari. Jangan membeli kulkas bekas yang telah diperbaiki secara ekstensif sebelumnya

5. Periksa panci tetesan dibelakang kisi-kisi bawah

Periksa panci tetesan di belakang kisi-kisi bawah, serta gulungan kondensor di belakang penutup belakang (terkadang ini ada di bagian bawah alat). Kerusakan atau kotoran yang berlebihan dapat menjadi pertanda buruk, yang menunjukkan bahwa pemilik sebelumnya tidak membersihkan atau merawat alat dengan benar.

6. Tanyakan umur kulkas

Sebagai pertimbangan terakhir, pertimbangkan bahwa tidak peduli seberapa baik peralatan bekas dirawat, kulkas apa pun yang berusia lebih dari 10 tahun kemungkinan besar tidak akan seefisien energi model yang dapat kamu beli baru hari ini. Pastikan bahwa penghematan langsung dalam biaya awal alat sebanding dengan tagihan energi yang lebih tinggi yang mungkin kamu bayar dari tahun ke tahun.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading