Sukses

Lifestyle

Meski Terlihat Enak, 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini dapat Menyebabkan Kram Perut saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Siklus menstruasi bulanan sering disertai dengan banyak gejala seperti kelelahan, kembung, perubahan suasana hati dan kram. Gejalanya bahkan lebih buruk bagi sebagian orang, yang membuat periode menstruasi menjadi sebuah tantangan.

Di antara kram yang tak tertahankan dan perubahan suasana hati, yang Sahabat Fimela lakukan hanyalah meraih beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit. Namun sayangnya, ada beberapa makanan yang bisa membuat gejala haid  menjadi semakin parah dan tentunya kamu tidak menginginkan hal itu terjadi.

Lalu, makanan apa saja yang dapat memperparah kram perut saat haid? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kopi

Jika kamu tidak ingin membuat kondisi menstruasi menjadi lebih buruk, kurangi asupan kafein. Cobalah untuk hanya meminum satu cangkir kopi per hari. Minum kopi berlebihan dapat menyebabkan vasokonstriksi yaitu penyempitan pembuluh darah, yang dapat memperburuk kram selama menstruasi. Ini juga dapat meningkatkan ketidaknyamanan dan kembung.

2. Hindari karbohidrat olahan dan gula

Gula darah sangat berfluktuasi saat kamu sedang menstruasi. Ketika terlalu banyak mengonsumsi manakana atau minuman manis, kadar gula darah akan naik dan turun secara drastis. Selain itu, gula bersifat inflamasi dan dapat meningkatkan kram. Gula halus juga menyebabkan tubuh menahan natrium dan air, yang menyebabkan kembung dan perubahan suasana hati.

3. Susu

Mengonsumsi banyak produk susu bukanlah ide terbaik, karena dapat menyebabkan kram. Produk susu seperti susu, keju, dan es krim mengandung asam arakidonat (asam lemak omega-6), yang dapat meningkatkan peradangan dan memperparah nyeri haid.

4. Makanan berlemak

Makanan berlemak meningkatkan jumlah prostaglandin dalam tubuh dan dapat membuat rahim berkontraksi. Kontraksi rahim akan meningkatkan kram dan akan membuatmu tidak nyaman. Bahkan daging berlemak harus dihindari selama menstruasi karena lemak jenuh yang dapat memperburuk nyeri menstruasi.

5. Makanan olahan

Jauhi makanan olahan sebanyak mungkin saat sedang menstruasi. Aditif makanan dapat membuat kram lebih intens. Lemak trans, juga dikenal sebagai minyak terhidrogenasi, yang ditambahkan dalam makanan olahan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan dapat memperburuk gejala. Tetap berpegang pada makanan utuh, protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran untuk menghindari gejala menstruasi yang rumit.

6. Makanan asin

Makanan yang mengandung natrium dalam jumlah tinggi juga harus dihindari selama siklus menstruasi bulanan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium dalam jumlah tinggi dapat membuat kembung dan retensi air di tubuh semakin buruk. Jauhi keripik dan kentang goreng.

7. Cokelat

Mengidam cokelat cukup normal selama waktu ini, tetapi tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak saat menstruasi. Cokelat dapat meningkatkan kadar prostaglandin dan kamu mungkin mengalami lebih banyak kram menstruasi.

Well, kadang apa yang terlihat enak justru berbahaya ya, Sahabat Fimela. Kamu bisa saja konsumsi makanan dan minuman di atas, hanya saja jangan sampai berlebihan. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading