Sukses

Lifestyle

9 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Insomnia yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, meski terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Insomnia terkadang terjadi karena kondisi medis tertentu. Namun ada juga yang terjadi bukan karena kondisi medis.

Waktu tidur adalah hal yang sangat penting. Manusia paling tidak butuh tidur selama 8 jam sehari. Jika kebutuhan ini tidak tercukupi, maka bisa menimbulkan permasalahan pada fisik maupun mental.

Nah daripada menimbulkan berbagai permasalahan hanya karena kekurangan waktu tidur, kamu bisa coba menggunakan beberapa bahan alami yang bisa mengatasi insomnia. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Mengatasi Insomnia Menggunakan Bahan Alami

1. Passion Flower

Berasal dari bagian Tenggara Amerika, passion flower (passiflora incarnata) terkenal khasiatnya untuk mengatasi masalah kesulitan tidur.

Manfaatnya ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian, seperti salah satunya dari International Clinical Psychopharmacology. Hasil studi menunjukkan bahwa penderita insomnia yang menggunakan ekstrak passion flower selama 2 minggu mengalami peningkatan dalam parameter tidurnya daripada yang menggunakan plasebo.

Namun, memang masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam lagi untuk membuktikan keefektifan dan keamanan dari passion flower bagi penderita insomnia.

2. Bunga Lavender

Bunga yang identik dengan warna ungu ini berasal dari Prancis dan sudah ada sejak zaman Romawi Kuno. Tidak hanya penampilannya yang cantik, nyatanya lavender juga memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia secara alami.

Penelitian dari jurnal Explore menemukan bahwa menghirup aroma lavender sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik dan memberikan energi lebih banyak di siang hari. Ada pula studi yang menunjukkan bahwa manfaat mengatasi insomnia ini tidak terlepas dari komponen linalool di dalamnya.

3. Akar Valerian

Mungkin kamu belum familiar dengan akar valerian, namun ramuan asal Asia dan Eropa satu ini sudah biasa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti depresi, kecemasan, hingga menopause sekalipun.

Dikutip dari studi yang diterbitkan dalam NCBI, akar valerian juga berfungsi untuk menjadi obat insomnia alami yang umum dimanfaatkan di Amerika Serikat dan Eropa.

Namun, ada beberapa orang yang mengalami efek samping seperti pusing setelah memanfaatkannya Jadi, apabila ingin memanfaatkan akar valerian, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter untuk meminimalisasi efek samping yang mungkin terjadi.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah ramuan yang dibuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan. Selama ribuan tahun, teh chamomile ini sudah kerap digunakan sebagai pengobatan, termasuk salah satunya adalah masalah kesulitan tidur.

Bahkan, penelitian yang dimuat dalam Journal of Advanced Nursing menyatakan bahwa mengonsumsi teh chamomile selama dua minggu dapat mengurangi masalah tidur dan depresi pada ibu yang baru saja melahirkan.

Efek relaksasi dari teh chamomile yang hangat dapat menimbulkan rasa kantuk. Oleh karena itu, jika kamu menderita insomnia, kamu bisa mencoba mengonsumsinya. Tak hanya untuk mengatasi insomnia, ada beragam manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari minuman ini.

Buah Pisang Ternyata Juga Bisa Mengatasi Insomnia

5. Pisang

Selanjutnya, cara mengatasi insomnia secara alami adalah dengan mengonsumsi pisang. Menjadikan pisang sebagai camilan sebelum tidur sangat baik untuk memicu rasa kantuk.

Melansir dari The Sleep Charity, fungsi buah satu ini tidak terlepas dari kandungan magnesium dan potasiumnya yang berguna untuk membantu mengendurkan otot-otot yang tertekan. Tidak hanya itu, ada kandungan triptofan juga yang dapat merangsang produksi hormon penenang otak.

6. Buah Goji Berry

Meskipun masih kurang populer di Indonesia, goji berry memiliki manfaat yang tidak disangka-sangka. Selain berfungsi sebagai anti penuaan, ia juga dikenal dapat secara efektif membantu penderita insomnia agar tertidur dengan baik.

Ada berbagai kandungan di dalam goji berry yang dapat memberikan efek relaksasi dan membantu untuk tidur, seperti melatonin, magnesium, dan thiamin. Bahkan, dilansir dari Medical News Today, minum jus goji berry dapat meningkatkan mood dan kualitas untuk tidur tanpa menimbulkan efek negatif.

7. Susu Hangat

Banyak orang mengonsumsi susu hangat sebagai sarapan, baik diminum langsung ataupun dicampur dengan makanan lainnya. Namun, siapa sangka, ternyata minum susu hangat sebelum tidur dapat membantumu mengatasi insomnia secara alami.

Menurut National Sleep Foundation, minuman ini mengandung triptofan yang bisa memicu rasa kantuk. Triptofan bekerja dengan cara meningkatkan jumlah serotonin yang merupakan hormon sebagai obat penenang alami di otak.

8. Madu

Selain susu hangat, madu ternyata juga mengandung nutrisi triptofan. Kandungan ini memberikan efek menenangkan dan sekaligus memberi sinyal pada tubuh untuk segera tidur.

Ada juga karbohidrat di dalam madu yang berguna untuk membantu mengirim sejumlah serotonin ke otak lebih cepat. Dengan demikian, mengonsumsi madu bisa membuatmu tertidur dengan pulas.

9. Buah Kiwi

Tidak hanya pisang, buah kiwi juga baik untuk penderita insomnia. Studi yang dimuat dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan tidur, jumlah waktu tidur, dan efisiensi tidur.

Nah, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu cukup mengonsumsinya secara langsung, . Jika ingin mencoba makan dengan cara yang berbeda, campurkan kiwi dengan yogurt vanilla dan granola.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa mengatasi insomnia yang kamu alami. Yuk coba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading