Sukses

Lifestyle

Konsep Green Living Lagi Trending, Ciptakan Rumah yang Nggak hanya Cantik Tapi Juga Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, rumah dengan konsep green living sedang banyak bermunculan di media sosial. Hunian yang terlihat asri dengan open space di dalamnya jelas jadi inspirasi yang memanjakan mata. Namun, nggak hanya sebatas fokus pada nilai estetikanya saja karena green living punya tujuan yang lebih besar yaitu menciptakan hunian yang ramah lingkungan.

Ingin berkontribusi dengan menciptakan hunian yang berdampak baik untuk lingkungan juga, Sahabat Fimela? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengusung konsep green living ke dalam rumah impianmu.

Rancang Sirkulasi Udara yang Optimal

Sirkulasi udara yang baik menjadi salah satu prinsip konsep hunian green living. Selain tersedianya open space, merancang sirkulasi udara yang optimal di dalam rumah juga penting. Hal ini bisa diwujudkan dengan memperhitungkan kehadiran jendela di dalam rumah.

Jendela besar nggak hanya berperan untuk ilusi ruangan yang lebih luas saja, tapi juga penting untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah. Selain itu, keberadaan jendela juga memegang peranan penting sebagai tempat masuknya cahaya matahari. Aliran udara yang lancar serta sinar matahari yang memadai menjadi 2 hal yang juga membantu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup penghuninya.

Hadirkan Taman Minimalis di Rumah

Salah satu cara untuk menekankan konsep green living adalah lewat taman sederhana yang hadir di dalam rumah. Area hijau di dalam rumah dapat membuat suasana rumah jadi lebih sejuk dan sehat. Biasanya konsep ini diterapkan dengan menghadirkan open space di dalam rumah, misalnya kehadiran di taman teras, taman belakang, atau balkon.

Namun, jika memiliki hunian yang minim space, manfaatkan vertical garden bisa jadi ide yang menarik untuk dicoba, lho. Manfaatkan salah satu bagian di dalam rumah untuk merawat berbagai tanaman hias yang juga berperan sebagai penjernih udara alami di dalam rumah. Dengan begitu, kamu bisa menerapkan konsep green living sederhana di dalam rumah.

Manfaatkan Material dari Bahan Alami

Untuk menekankan konsep green living yang dihadirkan di dalam rumah, kamu bisa juga memperhatikan material yang digunakan. Misalnya saja dengan memperhatikan penggunaan material yang ramah lingkungan sesuai dengan konsep besar yang diterapkan dalam hunian tersebut.

Manfaatkan material alami seperti kayu, bambu, batu bata, dan jenis batuan lain dengan menerapkan teknik rancang bangun modern. Jika menggunakan konsep interior yang tepat, kombinasi berbagai material ini bisa tampil cantik dan bikin rumah jadi makin Instagenic.

Jika Memungkinkan, Gunakan Substitusi Energi

Kalau ingin menerapkan konsep green living yang maksimal dan ada budget lebih, kamu bisa mulai memanfaatkan substitusi energi. Misalnya saja penggunaan solar panel yang memanfaatkan tenaga surya, sehingga lebih ramah lingkungan.

Jika belum bisa menggantikan listrik secara keseluruhan, solar panel ini bisa dimanfaatkan untuk sistem yang lebih sederhana, misalnya saja water heater atau pemanas air. Langkah kecil peralihan energi ini tentu saja bisa memberikan dampak yang besar buat bumi yang menjadi tempat tinggal manusia.

Beberapa tips di atas bisa mulai diterapkan bagi yang tertarik untuk menerapkan konsep green living untuk huniannya. Nggak hanya sebatas cantik, tapi juga bisa menjadi langkah untuk peduli dan menyayangi bumi yang lebih jauh lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading