Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Baterai HP Lama Terisi Ketika Dicharge

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Mungkin kamu pernah mengalami HP lama terisi padahal sudah lama dicharge.

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab baterai hp lama terisi. Apa saja? Yuk simak penyebab baterai hp lama terisi ketika dicharge serta cara mengatasinya berikut ini.

1. Charger Tidak Original

Kalau charger yang kamu gunakan bukanlah charger original atau charger bawaan dari HPmu, maka bisa jadi inilah yang menyebabkan baterai HP lama terisi meskipun sudah dicharge dalam waktu yang lama. Charger bawaan ini maksudnya charger yang kamu dapatkan di dalam box HP ketika kamu membeli HP. Selain itu, menggunakan charger yang tidak original juga bisa merusak baterai HP.

2. Baterai Tidak Original

Kalau kamu sudah menggunakan charger bawaan namun hal ini masih terjadi, maka mungkin saja penyebab mengapa baterai HPmu lama terisi ketika dicharge yakni karena baterai HP bukanlah baterai original. Kalau kamu sudah pernah mengganti baterai HPmu, maka hal ini wajar terjadi.

Kalau baterai HP aslimu sudah rusak dan kamu ingin mengganti, maka pastikan beli baterai HP yang original dengan merk yang sama dengan merk HPmu. Karena menggunakan baterai yang tidak original bisa merusak mesin di dalam HPmu. 

3. Baterai Longgar

Baterai HP yang longgar tidak bisa kamu abaikan karena hal ini bisa menjadi salah satu penyebab baterai hp kamu lama terisi penuh. Baterai yang longgar bisa menyebabkan arus listrik dari charger tidak mengalir dengan sempurna.

4. Konektor Charger Kotor

Walaupun terdengar remeh, namun ternyata konektor charger yang kotor bisa menyebabkan baterai HP lama terisi meskipun sudah dicharger selama berjam-jam. Oleh karena itu, sebaiknya kamu sering cek konektor chargermu dan bersihkan secara rutin agar masalah ini tidak terjadi.

5. Hardware yang Lemah atau Rusak

Hardware yang rusak juga bisa jadi penyebab mengapa baterai HPmu lama terisi. Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa membawa HPmu ke service center dan memeriksakannya. Tentunya petugas service center bisa mengatasinya agar baterai HPmu bisa kembali normal.

Itulah beberapa penyebab baterai HP lama terisi. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading