Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Mengatasi Magic Com Bau yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Magic com bau menjadi salah satu masalah perdapuran yang sangat menyebalkan. Karena magic com yang bau, tidak jarang kita mendapati nasi yang dimasak jadi kurang sedap. Nasi yang dimasak juga rentan cepat basi atau busuk. 

Magic com yang berbau tak sedap, bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayang, hal ini sering kali kita abaikan atau bahkan tidak kita sadari sama sekali. Adapun penyebab magic com bau antaranya adalah magic com yang kotor, adanya serangga atau cicak di dalamnya, kebiasaan membiarkan magic com lembab dan basah setelah memasak serta mencuci magic com dengan sabun tapi kita tidak membilasnya hingga benar-benar bersih. 

Lantas, ketika mendapati magic com berbau tak sedap, apa yang harus kita lakukan? Mengutip dari laman briliofood.net, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi magic com bau. Yuk, simak baik-baik caranya.

Lap atau Keringkan Magic Com

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi magic com bau adalah dengan mengelap atau mengeringkan bagian magic com yang basah. Biasanya, magic com rentan basah setelah digunakan untuk menanak nasi. Usahakan untuk membuat magic com tetap kering setelah selesai masak. Magic com yang basah rentan menyebabkan bau tak sedap. Pastikan juga untuk membuang air sisa uap di bagian belakang magic com. Hal ini kerap bikin magic com berbau tak sedap.

Masak Nasi dengan Takaran Air Pas

Usahakan untuk memasak nasi dengan magic com menggunakan takaran air yang pas. Hindari memasak nasi dengan air terlalu banyak atau berlebih. Ini rentan membuat magic com basah dan bau tak sedap.

Bersihkan Bagian Dalam Magic Com

Agar magic com tak lagi bau, penting bagi kamu untuk membersihkan bagian dalam magic com. Cari bagian-bagian di dalam magic com yang rentan bikin bau kemudian lap dengan kain bersih dan kering. Hindari membersihkan magic com dengan sabun karena jika sabun tidak dibersihkan dengan baik, ini justru bisa bikin magic com makin berbau tak sedap. 

Cari Sumber Bau dan Bersihkan

Biasanya, magic com bau karena adanya bangkai cicak atau serangga di dalam magic com. Kamu bisa membersihkan cicak dan serangga ini.

Tambahkan Air Lemon atau Daun Pandan

Untuk dapatkan nasi yang pulen dan berbau wangi, tambahkan air lemon atau daun pandan saat memasak. Kedua bahan alami ini bisa sekaligus mengatasi masalah magic com tak sedap. 

Hindari Menyimpan Nasi dalam Magic Com Lebih dari 12 Jam

Usahakan untuk menghindari kebiasaan menyimpan nasi di dalam magic com terlalu lama bahkan lebih dari 12 jam. Selain bisa menyebabkan magic com bau, ini rentan bikin nasi kering dan kaku. Ini juga rentan bikin magic com cepat rusak dan tidak bekerja secara maksimal. Sebaiknya, setelah nasi matang, pindahkan nasi ke tempat nasi dan matikan magic com. Segera cuci bersih magic com dan keringkan sebelum digunakan kembali. 

Itulah sekian cara untuk mengatasi magic com bau. Semoga informasi ini bermanfaat ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading