Sukses

Lifestyle

6 Tips Cerdas Menghemat Uang Belanja Dapur

Fimela.com, Jakarta Pada zaman modern ini, pengelolaan keuangan rumah tangga menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan makanan dapat menjadi beban keuangan yang signifikan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki strategi hemat yang cerdas agar bisa mengelola belanja dapur dengan lebih efisien dan menghemat uang. Lalu, apa saja strategi hemat yang harus dilakukan? Berikut ini adalah beberapa tips cerdas dalam menghemat uang belanja dapur.

1. Membuat rencana belanja dapur

Dilansir dari The Spruce Eats, langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah membuat rencana belanja dapur yang terperinci. Dalam hal ini, kamu bisa menentukan menu dan daftar belanja berdasarkan kebutuhan keluarga selama seminggu atau sebulan. Dengan memiliki daftar belanja yang terorganisir, kamu dapat menghindari pembelian implusif dan fokus pada membeli barang yang benar-benar diperlukan. Selain itu, manfaatkan juga promo dan diskon dari supermarket untuk mengoptimalkan pengeluaran yang jauh lebih hemat.

2. Belanja di pasar tradisional atau grosir

Salah satu keuntungan utama belanja di pasar tradisional atau grosir adalah harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan supermarket. Pasar tradisional dan toko grosir seringkali menjual produk dengan harga yang lebih murah karena mereka membeli secara langsung dari produsen atau petani lokal tanpa melalui perantara yang dapat menaikkan harga. Dengan memanfaatkan harga yang lebih murah ini, kamu dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Mengurangi frekuensi makan di luar

3. Memanfaatkan bahan makanan yang masih tersedia

Dilansir dari The Balance, memanfaatkan bahan makanan yang tersedia di rumah sebelum membeli yang baru adalah salah satu cara efektif untuk menghemat uang dan mengurangi pemborosan makanan. Dalam hal ini, kamu bisa membuat daftar inventarisasi bahan makanan yang dimiliki di rumah dengan mengidentifikasi semua bahan makanan yang tersedia, termasuk bahan makanan segar, bahan makanan kering, rempah-rempah, dan bahan makanan kalengan. Dengan membuat daftar ini, kamu dapat melihat dengan jelas apa yang harus dimasak sebelum kedaluwarsa atau membeli lebih banyak bahan makanan.

4. Menghindari makanan siap saji

Makanan siap saji atau makanan kemasan seringkali lebih mahal daripada memasak sendiri. Selain itu, makanan siap saji juga cenderung mengandung bahan tambahan dan pengawet yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, memasak sendiri menjadi solusi yang tepat untuk menyantap makanan yang sehat dan bergizi. 

Simpan bahan makanan di tempat yang tepat

5. Mengatur penyimpanan bahan makanan

Dilansir dari The Kitchn, mengatur penyimpanan bahan makanan dengan baik adalah langkah penting dalam menghindari pemborosan dan memastikan bahan makanan tetap segar. Dalam hal ini, kamu harus cermat terkait penyimpanan bahan makanan yang tepat seperti memasukkan bahan makanan agar lebih awet ke dalam kulkas atau freezer, dan menempatkan bahan-bahan dapur ditempat yang sejuk dan kering agar tidak mudah jamuran atau rusak.

6. Memanfaatkan Promo dan Diskon

Salah satu cara efektif untuk menghemat uang dapur adalah memanfaatkan promo atau diskon dari supermarket atau toko online. Untuk mendapatkan promo atau diskon, kamu bisa memantaunya melalui media sosial atau informasi dari berita terkini. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan menjadi member dalam program loyalitas yang diselenggarakan untuk berlangganan newsletter info terbaru tentang promo dan diskon. 

Demikian sejumlah tips cerdas yang dapat kamu terapkan untuk menghemat uang dapur.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading