Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Menyesali Pilihan Hidup yang Diambil

Fimela.com, Jakarta Hidup menyajikan berbagai macam pilihan. Kita sebagai manusia pun punya hak dan kemampuan untuk membuat pilihan hidup kita sendiri. Seperti pilihan soal pendidikan, pekerjaan, dan hubungan, selalu ada arah yang bisa kita tuju dari setiap pilihan itu.

Hanya saja kadang yang membuat kita takut membuat pilihan adalah rasa sesal. Kita takut suatu pilihan akan mendatangkan penyesalan besar. Namun, hal itu jangan sampai malah menghambat kebahagiaanmu. Ada strategi sederhana yang bisa dicoba agar tidak menyesali pilihan hidup yang diambil.

 

 

1. Mempersiapkan Diri Menerima Tanggung Jawabnya

Setiap pilihan akan menghadirkan konsekuensi bahkan risikonya sendiri. Di sini kamu bisa coba untuk mempersiapkan diri menerima tanggung jawab atas pilihan hidup yang kamu ambil. Siapkan mentalmu untuk bisa memikul tanggung jawab yang ada. Dengan begini, kamu bisa lebih tenang dalam mengantisipasi hal-hal tak terduga dari pilihan hidup yang kamu ambil.

 

 

2. Meningkatkan Kesadaran Diri

Apakah pilihan hidupmu bisa mendatangkan kebaikan? Apakah ada hal-hal baik yang bisa didapatkan dari pilihan yang diambil? Cobalah untuk meningkatkan kesadaran dirimu atas pilihan yang kamu ambil. Kalkulasi apa saja dampak yang kemungkinan muncul dari pilihan yang kamu ambil. Ketika mengambil pilihan lakukan dengan kesadaran penuh agar nantinya kamu tak menyalahkan keadaan saat ada hal yang terjadi di luar rencana.

 

 

3. Mengupayakan Hal-Hal yang Bisa Membuatmu Bahagia

Dalam membuat pilihan, imbangi juga dengan upaya untuk memperjuangkan kebahagiaan. Di tengah semua masalah dan tantangan baru yang harus kamu hadapi dari pilihan yang kamu ambil, kamu perlu mengimbanginya dengan melakukan hal-hal yang bisa mendatangkan kebahagiaan. Sehingga kamu tak gampang merasa stres atau kewalahan menghadapi persoalan baru yang ada.

 

 

4. Membuka Diri Menerima Ragam Pengalaman Baru

Kekecewaan demi kekecewaan mungkin masih akan menghinggapi berbagai fase kehidupanmu. Namun, tak perlu terlalu sedih dalam menyikapinya. Cobalah untuk membuka diri menerima ragam pengalaman baru. Setiap pengalaman baru yang kamu dapatkan akan memperkaya jiwamu, dan ini dapat membuat hidupmu jadi lebih bermakna.

 

 

5. Membuat Rencana yang Jelas

Miliki rencana atas setiap pilihan yang kamu ambil. Dengan adanya rencana ini, setidaknya kamu tahu arah yang akan kamu tuju. Serta kamu bisa mencapai tujuan atau targetmu dengan lebih efektif dan efisien. Kalaupun ada hal yang terjadi di luar dugaan, kamu masih bisa mengantisipasinya dengan menata ulang rencana yang kamu buat.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba agar tidak menyesali pilihan hidup yang kamu ambil. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading