Sukses

Lifestyle

Greenfields Indonesia Perkuat Komitmen Mendukung Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Peringati Hari Susu Sedunia 2023

Fimela.com, Jakarta Peringatan "Hari Susu Sedunia 2023" menjadi momen penting bagi PT Greenfields Dairy Indonesia (Greenfields Indonesia) untuk memperkuat kesadaran akan peranan industri susu dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dalam memperingati Hari Susu Sedunia, PT Greenfields menggelar acara di peternakan pertama Greenfields Indonesia yang terletak di dataran tinggi Malang, Jawa Timur (30/05/2023) dan dihadiri oleh sejumlah sosok penting yang diantaranya Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU selaku Menteri Kesehatan RI, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si selaku Gubernur Jawa Timur, Drs. H. M. Sanusi, M.M selaku Bupati Malang, dan Andre Rompies CEO Greenfields Indonesia.

Menyambut "Hari Susu Sedunia” yang diperingati setiap 1 Juni, pada acara tersebut menggarisbawahi akan pentingnya peran industri susu dalam menyokong 3 pilar, yaitu meningkatkan status nutrisi masyarakat, memastikan keberlanjutan lingkungan lewat proses produksi yang bertanggung jawab, dan memajukan kesejahteraan masyarakat dan komunitas. Menyinggung pilar pertama, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU., Menteri Kesehatan RI menyampaikan melalui pidatonya bahwa tingkat konsumsi susu di Indonesia memang cenderung membaik setiap tahunnya namun, angka datanya masih tergolong rendah (16,27 kg per kapita per tahun) dibandingkan negara-negara tetangga.

"Konsumsi protein perkapita masyarakat Indonesia sudah di atas standar nasional yaitu 62,2 gram dari standar nasional 57, tetapi konsumsi sumber protein hewani, salah satunya susu dan produk olahannya masih rendah. Hal ini tentunya menjadi sebuah perhatian bagi kita semua untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak akan pentingnya mengonsumsi susu yang menjadi sumber protein, kalsium, vitamin, dan mineral guna mendukung kekebalan sistem imunitasnya serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam menyambut hari susu sedunia, menteri kesehatan Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Greenfields Indonesia atas peran industri dalam pemenuhan kecukupan gizi masyarakat dengan memproduksi protein hewani berkualitas dalam industri yang ramah lingkungan. Kami berharap, Greenfields dapat terus berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dalam mendukung transformasi layanan kesehatan primer dengan menghadirkan produk dan layana terbaik bagi masyarakat Indonesia. Selamat memperingati hari susu sedunia. Mari bersama-sama melangkah maju untuk mendukung Indonesia yang lebih baik," ucap Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU., Menteri Kesehatan RI dalam konferensi Pers Greenfields.

Peran industri susu juga mencakup keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat

Tidak hanya itu, agar dapat terus mendukung status nutrisi masyarakat, peningkatan jumlah produksi susu segar menjadi langkah yang perlu diambil untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor. Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., menyampaikan pentingnya peningkatan populasi sapi perah untuk meningkatkan produksi susu segar dalam negeri.

“Pada kondisi normal sebelum penyakit mulut dan kaki (PMK), kebutuhan susu segar harian Industri Pengolah Susu (IPS) Jawa Timur berjumlah 2.000 ton, namun baru terpenuhi sebesar 1.400 ton dan masih defisit sebanyak 600 ton. Sehingga Jawa Timur masih melakukan impor bahan baku industri susu berupa skim milk powder, whole milk powder dan full milk powder sebanyak 342.000 ton per tahun. Peningkatan populasi sapi perah untuk meningkatkan produksi susu segar kian dibutuhkan terlebih akibat wabah PMK. Peringatan Hari Susu Sedunia oleh Greenfields indonesia menjadi salah satu upaya untuk mendorong peternak agar tetap berdedikasi dalam beternak sapi perah penghasil susu segar. Selain itu, kami juga menyadari pengendalian PMK tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah, keterlibatan stakeholder lain juga sangat diperlukan. Kami mengapresiasi Greenfields Indonesia yang telah banyak membantu dalam upaya pengendalian PMK melalui penerapan maksimum biosecurity dan pengawalan vaksinasi pada sapi perah karena sangat membantu pemerintah memulihkan ekonomi peternak sapi perah.” ucap Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., selaku Gubernur Jawa Timur.

Selain menekankan pentingnya status nutrisi dan produksi susu segar yang memadai, peran industri susu juga harus mencakup keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Implementasi tata laksana pengelolaan ternak sapi perah yang baik (Good Dairy Farming Practice) menjadi faktor penting dalam menjaga kualitas dan kuantitas susu yang dihasilkan, serta menjaga kelestarian lingkungan.

Greenfields Indonesia selalu menyediakan nutrisi terbaik

Memahami hal tersebut, sungguh membanggakan bahwa tiga pilar penting yang terangkum dalam peringatan “Hari Susu Sedunia” sangat sejalan dengan komitmen Greenfields Indonesia yang selalu #BeraniEXTRA menyediakan nutrisi terbaik tanpa kompromi melalui produk-produk berkualitas yang diproduksi secara bertanggung jawab di peternakannya sendiri yang terbesar di Indonesia selama 26 tahun. Pada Hari Susu Sedunia 2023, Andre Rompis, CEO Greenfields Indonesia turut mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung langkah mereka sebagai peran industri susu terbaik di Indonesia.

Disamping itu, Andre Rompis selaku CEO Greenfields Indonesia juga berkomitmen untuk terus menyediakan nutrisi terbaik melalui produk-produk berkualitas yang diproduksi secara bertanggung jawab serta memastikan bahwa seluruh rangkaian proses produksi, mulai dari peternakan hingga ke tangan konsumen, dikawal oleh para ahli dan tenaga profesional terpercaya. 

Dengan komitmennya terhadap kesehatan, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat, Greenfields Indonesia akan terus berperan dalam menyokong industri susu yang memberikan manfaat positif bagi masyarakat Indonesia. Melalui acara ini, diharapkan konsumsi susu meningkat, produksi susu dalam negeri terpenuhi, dan praktik berkelanjutan menjadi norma dalam industri susu.

 

*Penulis: Amelia Septika.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading