Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Membuatmu Tidak Dihargai Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Dihargai orang lain bukan hanya menyenangkan namun juga dibutuhkan. Saat orang lain menghargai kita, rasanya setiap tindakan dan ucapan jadi lebih berarti. Apalagi bila ditengah diskusi atau dalam lingkungan kerja. Mendapat perlakuan baik, termasuk dihargai dan dihormati oleh rekan kerja sangat penting. Bila orang lain tidak menghargai kita, tiap tindakan jadi kurang berarti karena tidak didengarkan dan tidak dianggap penting.

Ada beberapa hal yang dapat membuatmu dihargai orang lain. Namun sebelum itu, coba telusuri apakah kamu memiliki kebiasaan di bawah ini yang bisa membuat orang lain tidak menghargaimu. Bila iya, segera tinggalkan karena kebiasaan ini membuatmu tak dihargai orang.

1. Tidak Melakukan Apa yang Kamu Katakan

Kebiasaan ini tanpa sadar dilakukan banyak orang. Misalnya mengatakan tidak merasa cocok dengan pekerjaan namun masih bertahan dalam bidang tersebut dalam waktu lama. Kebiasaan ini menunjukkan bahwa kamu tidak dapat dipercaya. Semua ucapanmu terkesan omong kosong yang tidak akan terwujud. Hal inilah yang membuat orang lain malas mendengarkan dan tidak menghargaimu.

2. Meminjam Uang dan Tidak Mengembalikannya

Berhutang nyatanya sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Baik dalam hal kecil, meminjam uang bukan lagi tindakan memalukan. Tapi sadarkah kamu bahwa kebiasaan ini membuatmu tidak dihargai orang lain? Apalagi bila meminjam tanpa mengembalikannya. Perilaku ini menunjukkan bahwa kamu tidak menghargai uang dan orang lain. Karena itu orang lain pun tidak menghargaimu juga.

3. Tidak Menghargai Diri Sendiri

Bagaimana kamu memperlakukan dirimu, begitulah orang lain akan memperlakukanmu. Menghargai diri sendiri dapat dilihat dari perilaku percaya diri, berpakaian yang sesuai selera dan situasi, gaya bicara, hingga yakin dengan kemampuan diri.

4. Tidak Tegas

Membiarkan dirimu jadi bahan lelucon orang lain membuatmu kurang dihargai. Tindakan orang lain saat mengejekmu adalah tanda bahwa mereka kurang menghargaimu. Tindakan ini akan semakin menjadi-jadi bila kamu tidak mampu tegas menyikapinya. Jangan biarkan orang lain merendahkanmu dengan candaan yang tidak penting.

5. Suka Membicarakan Orang Lain

Bergosip membuat nilai dirimu menurun. Saat kamu membicarakan keburukan orang lain, teman sekitarmu akan berhenti menghargaimu. Bukan hanya karena gosip adalah perilaku buruk, namun kebiasaan ini menunjukkan bahwa kamu tidak berkelas. Orang lain cenderung menghargai dan menghormati seseorang yang setara atau lebih tinggi levelnya.

Bila ingin dihargai orang lain mulailah dari menghindari kebiasaan di atas. Bersikap lebih baik akan membuatmu lebih dihormati orang lain.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading