Sukses

Lifestyle

Kebiasaan yang Dianggap Sepele Namun Ternyata Memicu Gangguan Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Kehidupan yang bahagia adalah impian bagi banyak orang. Untuk mewujudkan kehidupan bahagia mungkin akan terasa mudah ataupun sulit, tergantung dari cara orang menjalaninya. Sebenarnya, kamu hanya perlu mensyukuri hal-hal kecil yang ada dalam hidupmu dan jangan terlalu memikul banyak beban selama kamu menjalaninya. 

Kehidupan bahagia tentunya akan berpengaruh bagi kondisi mental kita. Mungkin akhir-akhir ini, sudah banyak orang yang peduli atas kesehatan mental yang mereka miliki. Kondisi mental yang stabil tentu akan membawa kita pada hidup yang bahagia. Namun, masih banyak orang yang tidak sadar dengan beberapa hal kecil yang ternyata akan memicu gangguan kesehatan pada mental mereka. Mungkin hal-hal kecil ini sering dianggap remeh, padahal begitu berpengaruh besar pada kondisi mental. Lantas, apa saja hal-hal tersebut?

1. Sering Pesimis

Pasti seseorang seringkali merasa pesimis dan tidak percaya pada nilai yang ada dalam diri mereka sendiri. Padahal, perasaan ini jika muncul terus-terusan, akan memicu gangguan secara mental serta emosional, loh. Saat mereka terus-terusan berpikir negatif, mereka akan selalu merasa putus asa sehingga ada perasaan kecemasan yang tinggi. 

Tidak hanya itu saja, rasa pesimis yang berlebihan menghambat seseorang untuk menjalani hidup bahagia. Mengapa begitu? karena mereka sangat sulit untuk menjalani hidup secara positif dan secara terus menerus melihat sesuatu dari sudut pandang yang negatif. 

2. Terlalu Perfeksionis

Mungkin kamu sering bertemu dengan orang yang memiliki tingkat perfeksionis begitu tinggi, entah itu dalam hal pekerjaan atau lainnya. Pada dasarnya, orang yang terlalu perfeksionis cenderung mengalami gangguan kesehatan mental. Hal ini dikarenakan mereka terlalu menetapkan standar yang begitu tinggi sehingga terasa ada beban yang begitu membuat mereka tertekan. 

Karena tingginya standar yang mereka miliki, saat sesuatu tidak berjalan dengan apa yang mereka inginkan, mereka akan merasa gagal dan terus menerus menyalahkan diri sendiri. Tentu standar yang tidak realistis itu memicu perasaan cemas hingga depresi. 

3. Pendendam

Siapa sangka, bahwa orang yang sering menyimpan rasa dendam akan mengidap gangguan mental. Hal ini terjadi akibat perasaan marah dan kebencian yang ia selalu pendam. Banyak muncul pikiran dan dorongan untuk membalas dendam dalam frekuensi yang lumayan sering, akan memunculkan gangguan emosional dan mental. 

Rasa dendam yang tak terbalas itu mampu menghambat mereka untuk bersosialisasi dan membangun hubungan yang sehat dengan orang baru. Orang yang pendendam cenderung merusak pola pikir positif yang mereka miliki dan sulit untuk merasa bahagia.

Nah Sahabat Fimela, itulah beberapa hal yang mungkin tidak banyak orang sadar akan mengganggu kondisi mental mereka. Yuk, hindari beberapa hal ini agar kondisi mental dan emosionalmu tetap stabil. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading