Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Dapat Membuatmu Tidak Bahagia

Fimela.com, Jakarta Sudah melakukan banyak hal tapi hidup tetap tidak memuaskan? Bahkan kebahagiaan pun rasanya sulit untuk dirasakan. Bahagia sebenarnya sangat mudah untuk didapat. Hal kecil dalam kegiatan harianmu pun bisa memberi rasa bahagia bila dilakukan dengan ikhlas dan banyak bersyukur.

Apapun tujuan hidup tiap orang, bahagia tetap menjadi tujuan utama. Namun kebahagiaan pun mudah hilang disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kebiasaan yang dilakukan tanpa sadar. Hilangkan kebiasaan di bawah ini agar hati lebih bahagia.

1. Terus Mengejar Kesempurnaan

Saat berusaha sempurna dalam prestasi akademik, karir, atau bahkan hal kecil seperti cara berpakaian, kamu akan kehilangan kebahagiaanmu. Melansir dari Ideapod mengejar kesempurnaan terbukti secara ilmiah dapat menyebabkan stres, cemas, dan depresi. Daripada mengejar kesempurnaan, berusahalah melakukan sesuai kemampuanmu. Hasil yang didapat akan lebih memuaskan dan memberi rasa bahagia.

2. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Meragukan diri sendiri hingga membandingkan dengan orang lain adalah kebiasaan yang menghilangkan ketenangan hati. Saat diri selalu merasa kurang, maka apa yang telah dimiliki akan sulit untuk disyukuri. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan tidak ada manusia yang sempurna. Alangkah lebih baik untuk fokus dengan dirimu sendiri tanpa iri dengan apa yang dimiliki orang lain.

3. Tidak Menjaga Kesehatan

Makan sembarangan, malas olahraga, hingga mengabaikan waktu istirahat adalah kebiasaan yang mencerminkan dirimu acuh pada kesehatan. Kesehatan tubuh dan kebahagiaan tentu berkaitan. Tubuh yang sehat dan bugar akan memberi perasaan bahagia. Selain itu, kenyamanan diri juga dapat meningkatkan mood.

4. Tidak Meluangkan Waktu untuk Perawatan Diri

Sama seperti kesehatan tubuh, perawatan tubuh pun penting. Tubuh yang bersih dan terawat bisa membuatmu merasa lebih puas. Sering tidak percaya diri dengan penampilan? Inilah tanda kamu kurang merawat diri. Coba luangkan waktu untuk self care. Tubuh yang bersih dan terawat akan membuatmu percaya diri dan membangkitkan suasana hati yang baik.

5. Terlalu Memikirkan Masa Depan

Kebiasaan yang satu ini tanpa disadari menjadi pemicu utama akan tidak puas dalam hidup. Overthingking akan masa depan akan membuatmu menderita karena bayangan buruk yang diciptakan sendiri. Akibatnya kamu akan lupa untuk menikmati tiap momen dalam hidup. Tidak ada salahnya memikirkan masa depan, namun terobsesi hingga membuatmu pusing tak boleh dilakukan.

Menjadi bahagia adalah tujuan banyak orang. Mulailah dari bersyukur, fokus pada diri sendiri, dan lakukan pengembangan diri. Kebahagiaan akan dirasakan saat kamu mampu menghilangkan kebiasaan buruk di atas.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading