Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Memiliki Hobi Berkebun Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Fimela.com, Jakarta Hobi adalah aktivitas yang dijalankan terus menerus untuk mendapatkan kesenangan. Hobi bisa dilakukan selama berjam-jam dan tidak membuatmu bosan atau lelah. Banyak pula yang rela menghabiskan banyak uang demi bisa melakukan hobi yang disukainya.

Ada berbagai macam hobi, contohnya seperti menggambar, menulis, mendengarkan musik, memasak, berkebun dan lain-lain. Hobi yang cukup populer belakangan ini adalah berkebun. Berkebun memang tergolong cukup mudah dilakukan. Selain itu, bagi orang yang menyukai tanaman, berkebun pasti jadi kegiatan yang menyenangkan.

Tak hanya menyenangkan, namun berkebun ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental lho, Sahabat Fimela. Apa saja? Berikut manfaat memiliki hobi berkebun untuk kesehatan fisik dan mental yang harus kamu ketahui.

1. Menghilangkan Jenuh dan Stress

Melakukan kegiatan yang sama setiap hari tentunya akan membuatmu jenuh lama kelamaan. Belum lagi jika harus menghadapi berbagai macam permasalahan yang membuatmu stress.

Nah untuk menghilangkan kejenuhan dan stress, kamu bisa mencoba melakukan hobi berkebun. Melihat hijau-hijau dari tanaman akan membuat pikiranmu segar sejenak.

2. Sebagai Sarana Berolahraga yang Menyenangkan

Ketika berkebun kamu akan melakukan banyak hal, mulai dari mengeruk tanah untuk mengisi pot, memindah-mindahkan pot yang sudah ditanami, memupuki tanaman, hingga mengangkat ember air untuk menyiram tanaman. Aktivitas ini tentu akan membuatmu menggunakan banyak otot dan berkeringat.

Jika kamu tidak suka berolahraga, maka berkebun bisa menjadi pilihan untuk berolahraga yang ringan. Lama kelamaan kekuatan fisikmu pun akan terlatih.

3. Meningkatkan Imunitas

Kegiatan berkebun biasanya dilakukan di luar ruangan. Ketika berkebun, tubuhmu akan terpapar oleh sinar matahari. Sinar matahari, terlebih saat pagi hari, menghasilkan sinar ultraviolet (UV) yang bila terpapar kulit akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Vitamin D memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuhmu, sehingga kamu tidak mudah sakit. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang-tulangmu. Namun, pastikan kamu menggunakan tabir surya atau topi agar kulitmu tidak terbakar sinar matahari.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berkebun mampu menjaga kesehatan otak karena kegiatan ini akan membuat pikiran menjadi sibuk dan fokus, sekaligus membuka kesempatan untuk berinteraksi sosial dengan orang di luar rumah.

Hal ini sangat baik untuk kesehatan otak, khususnya bagi para lanjut usia (lansia) yang berisiko besar mengalami demensia di kemudian hari.

5. Membiasakan Diri Makan Makanan Sehat

Jika kamu memilih untuk menanam sayur atau buah-buahan saat berkebun, kemungkinan kamu dan keluarga akan secara otomatis lebih termotivasi untuk mengonsumsi makanan sehat yang tumbuh di rumahmu ini.

Untuk menumbuhkan dan merawatnya saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat waktunya panen, kamu dan keluarga akan jadi lebih antusias untuk merasakan hasilnya. Selain itu, hasil panen yang kamu peroleh akan jauh lebih bersih dan bebas pestisida, sehingga lebih menyehatkan.

Memiliki hobi berkebun tak hanya menyenangkan, namun juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Jika kamu mau memulai berkebun namun tak punya lahan, kamu bisa mulai dari tanaman yang kecil terlebih dahulu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading