Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana untuk Keluar dari Zona Nyamanmu!

Fimela.com, Jakarta Untuk melangkah keluar dari zona nyaman mungkin menjadi hal yang begitu menakutkan bagi banyak orang. Namun, dengan cara itu, justru Sahabat Fimela akan bisa berkembang lebih jauh lagi. Di masa kini, semua hal bertumbuh cepat dan berkembang begitu pesat. Begitu banyak kesempatan dan hal - hal baru yang bisa dieksplor untuk bisa kamu pelajari secara lebih mendalam. 

Zona nyaman adalah kondisi psikologis di mana kamu merasa segala sesuatu sudah berada pada tempat yang tepat. Tidak ada salahnya ketika kamu memiliki zona nyaman, tetapi di dalam kehidupan, ada saatnya untuk menantang diri sendiri untuk mencoba sesuatu yang baru. 

Keluar dari zona nyaman bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa saja kamu ingin mengambil tantangan pekerjaan baru, menjalin relasi yang baru, berpindah ke lokasi yang baru, mencoba hobi baru, dan masih banyak lagi. Rasanya pasti begitu puas ketika kamu sudah melangkah karena adanya kepercayaan pada diri sendiri dan tidak lagi takut untuk mencapai sesuatu. Semua hal itu akan bermula dengan adanya niat dan kemauan. Pola pikir yang ditanamkan juga memerlukan perubahan supaya bisa mengarah pada pertumbuhan untuk dirimu sendiri. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut terdapat beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk keluar dari zona nyamanmu.

1. Cobalah salah satu hal yang paling kamu inginkan

Saatnya untuk mulai dari hal kecil, seperti membuat daftar hal yang ingin dilakukan beserta dengan pengalaman dan tujuan yang ingin dicapai. Pilih salah satu hal yang selalu kamu ingin lakukan dan hal tersebut pun bebas. Bisa berupa apa saja, sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Cobalah untuk memulai terlebih dahulu dan semakin lama akan dijadikan sebagai kebiasaan. Akhirnya, otak pun akan merasa termotivasi untuk melakukan perubahan. Ketika otak sudah mengaktifkan sistem tersebut, maka kamu akan lebih mudah untuk menerapkan dan mencoba tindakan yang baru. Selain itu, tanyakan pula pada dirimu sendiri apa yang sebenarnya kamu cari atau inginkan.

2. Ubah Rutinitasmu

Mungkin kamu pernah merasa bosan karena rutinitas yang terus berulang sama setiap harinya. Hanya perlu sedikit perubahan supaya kamu tidak berpaku pada kebiasaan yang sama, seperti menambahkan waktu untuk berolahraga, mencoba latihan fisik, mencoba hobi baru yang sesuai dengan minatmu, coba pola diet yang baru, meningkatkan skill yang bisa berguna ke depannya, dan lain - lain.

Semua hal yang bisa menciptakan kepuasan dalam dirimu, bisa kamu coba untuk ditambahkan sebagai bagian dari rutinitasmu. Bahkan, kamu juga bisa memonitornya setiap hari atau membuat jadwal baru selama 30 hari sesuai dengan keinginan. Hanya dirimu yang tau secara pasti kemampuan dan juga perkembangan yang kamu jalani selama ini.

3. Tantang dirimu sendiri

Tak ada salahnya untuk sesekali menghadapi ketakutanmu. Jika kamu belum mencoba, maka kamu tidak akan bisa mengetahui dan merasakannya. Saat kamu menjadikan ketakutan sebagai sesuatu yang negatif, maka kamu tidak akan bisa menghadapinya. Sebaliknya, jadikan ketakutan sebagai peluang untuk bisa berkembang lebih jauh. 

Setiap kali kamu mencoba salah satu tantangan, kamu bisa membuktikan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukan lebih dari yang ada di pikiranmu. Hapus segala skenario terburuk yang ada di pikiran. Hadapi tantangan baru supaya kamu bisa menjadi versi terbaik untuk diri sendiri. Lakukan latihan setiap harinya dan lihatlah sejauh mana kamu telah melangkah bergerak maju. 

4. Bersikap kreatif

Melatih kreativitas bisa menjadi cara untuk melatih diri supaya memiliki pola pikir yang lebih berkembang dan melepaskan kebutuhan akan kesempurnaan. Kreativitas bisa dimulai dari segala hal bahkan hingga dapat membangun bisnis yang baru. Berasal dari kreativitas, maka akan tercipta peluang dan risiko baru yang dapat ditempuh. Saat kamu telah bersikap kreatif, kamu bisa lebih melangkah ke hal yang awalnya tidak diketahui, mempelajarinya dengan baik, bersikap bijak dalam menghadapi kegagalan, hingga lakukan evaluasi untuk mencapai hasil dan sasaran yang telah ditetapkan.

5. Mencari partner untuk mencoba hal baru

Jika kamu merasa takut untuk keluar dari zona nyaman secara sendiri. Kamu bisa mencari partner bahkan membuat kelompok baru agar bisa berkembang bersama. Hubungan dengan orang lain yang memiliki minat dan pemikiran yang sama dapat menjadi cara efektif untuk terjun secara langsung pada keterampilan yang ingin kamu coba. Dengan cara saling mendukung, partnermu juga dapat menawarkan perspektif baru agar membangun kepercayaan diri. Bahkan, bisa menghadapi ketakutan secara bersama dan saling mendukung satu sama lain. 

Melalui cara sederhana di atas, semoga bisa membuat Sahabat Fimela bisa keluar dari zona nyaman dan tidak melewatkan segala kesempatan yang ada. Semoga bermanfaat, ya!

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading