Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta 10 Manfaatnya untuk Kesehatan

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang sering dikerjakan oleh umat muslim karena memiliki sejumlah keistimewaan yang luar biasa. Menjalankan puasa senin kamis tidak hanya bermakna ibadah tetapi juga bagian dari cara untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT atas sesuatu yang diinginkan.

Sesuai namanya, puasa ini dilaksanakan pada hari senin dan kamis saja untuk tiap pekannya. Adapun dalil hukum puasa Senin Kamis adalah sunnah, seperti yang sudah digolongkan oleh Syaikh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu dan juga telah disepakati para ulama. Menurut Syaikh Wahbah Az-Zuhaili, puasa-puasa sunah yang disepakati para ulama antara lain puasa hari Senin dan Kamis, berikut hadisnya dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

"Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).

Sebagai informasi, puasa Senin Kamis juga merupakan puasa sunnah yang sering dikerjakan dan dianjurkan oleh Rasulullah. Jika kamu ingin melaksanakan anjuran Rasulullah untuk berpuasa Senin Kamis, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi bacaan niat puasa Senin Kamis beserta manfaatnya untuk kesehatan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Sama seperti puasa sunnah yang lainnya, puasa Senin Kamis memiliki bacaan niatnya tersendiri. Bacaan puasa Senin Kamis terbagi menjadi dua, maksudnya niat untuk melaksanakan puasa pada hari senin dan hari kamis dibedakan. Masing-masing harinya memiliki bacaan niat yang berbeda sekalipun merupakan kesatuan ibadah yang utuh.

Berpuasa pada hari senin ada niat khususnya, begitu juga dengan berpuasa dihari kamis. Tata cara membaca niat puasa senin kamis juga lebih fleksibel karena boleh dibaca pada hari Senin atau Kamis selama pada hari itu seorang muslim belum makan, minum, atau melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa. Adapun bacaan niatnya, seperti berikut ini:

Bacaan Niat Puasa Senin:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,"

Bacaan Niat Puasa Kamis:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,"

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa puasa Senin Kamis memiliki banyak keistimewaan, salah satunya ialah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah alasannya mengapa Rasulullah selalu rajin mengerjakan puasa Senin Kamis hingga menganjurkannya kepada umat muslim. Untuk itu, berikut beberapa manfaat kesehatan yang ditimbulkan dari pauas Senin Kamis:

1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Berpuasa dapat menjadikan tubuh lebih sehat, hal ini juga sudah sering dibuktikan kebenarannya secara medis karena dengan berpuasa, sistem pencernaan akan lancar dan sehat. Selain itu, berpuasa Senin Kamis juga dapat melatih kecerdasan emosional sehingga kamu dapat mengontrol diri dan tidak mudah mengalami depresi.

2. Mampu Menguatkan Jiwa

Berpuasa Senin Kamis juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena dapat menguatkan jiwa. Saat melaksanakannya, puasa sunnah ini digambarkan layaknya sebuah perisai untuk kejiwaan. Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Selama berpuasa, kamu dituntut untuk melawan hawa nafsu dan lebih bisa bersikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang hadir. Kamu juga akan merasa tenang selama berpuasa karena amalan ini juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

3. Metode yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikutnya, manfaat puasa senin kamis juga dapat dijadikan sebagai metode yang tepat untuk menurunkan berat badan. Ada banyak trik diet yang menyiksa dan dapat mengancam kesehatan karena secara tidak langsung memberikan sugesti kepada seseorang untuk tidak mengonsumsi makanan dalam jangka waktu yang lama dan hal ini bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

Namun tentu saja tidak dengan cara berpuasa Senin Kamis, ketika kamu rajin dan disiplin dalam melaksanakannya maka secara perlahan kamu akan terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat tanpa perlu melakukan pola diet yang menyiksa dan berbahaya bagi lambung.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Untuk kamu yang selalu memiliki permasalahan atau gangguan tidur, puasa Senin Kamis bisa menjadi solusinya. Hal ini karena selama berpuasa, kamu akan mulai membiasakan diri untuk menyesuaikan jam makan malam dengan jam berbuka, sehingga lebih awal dari jam makan malam kebanyakan orang.

Kebiasaan ini membuat lambung punya lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dengan baik sebelum kamu tidur. Jadi saat tidur, perut terasa lebih ringan dan tidak begah. Dengan begitu, kamu akan tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan lebih segar.

5. Memperpanjang Umur

Berpuasa Senin Kamis dapat memberikan implikasi yang baik pada tubuh karena bisa mengajarkanmu pola hidup sehat, dimulai dari cara mengatur asupan makanan. Secara otomatis ketika tubuhmu menjadi lebih sehat maka akan berdampak pada kualitas dan panjang usia. Memang untuk urusan umur tidak ada yang bisa menjamin, namun menjadi masuk akal ketika tubuh dalam kondisi sehat maka harapan usia menjadi lebih tinggi ketimbang kondisi tubuh yang sakit.

Manfaat Puasa Senin Kamis yang Lainnya

6. Meningkatkan Rasa Syukur

Saat kita menjalankan puasa Senin Kamis, kita bisa meningkatkan perasaan syukur atas segala sesuatu yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, puasa Senin Kamis ini juga bisa meningkatkan perasaan empati terhadap orang lain.

7. Dosanya Diampuni

Menurut Al-Quran, seseorang yang menjalankan puasa Senin Kamis dosanya akan diampuni. Karena menurut Al-Quran, hari Senin dan Kamis adalah hari saat pintu Surga dibuka.

8. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Puasa Senin Kamis juga bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan menjalankan puasa, sistem pencernaan akan beristirahat sejenak, dan secara alami akan membantu menyembuhkan sakit pada sistem pencernaan.

9. Menghilangkan Stres

Menjalankan puasa Senin Kamis bisa memberikan pahala kepada orang yang menjalankannya. Ketika menjalankan ibadah ini, kita akan menyadari banyak hal yang sudah kita perbuat dan bersyukur. Hal ini akan membuat otak lebih tenang dan stres akan hilang.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat menjalankan puasa Senin Kamis yang terakhir, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Saat kita menjalankan puasa, tubuh akan mendetoksifikasi sistem pencernaan secara alami, serta mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga kulit akan terlihat lebih sehat dan cerah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading