Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengusir Nyamuk Tanpa Obat dengan Bahan Alami dan Aman

Fimela.com, Jakarta Nyamuk adalah salah satu jenis serangga yang bisa mengigit, membuat kulit gatal dan bisa menyebabkan penyakit serius, seperti demam berdarah dan malaria.

Nyamuk sering datang di malam hari dan membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Apalagi di negara Indonesia yang iklimnya tropis ini. Nyamuk sangat suka berkembang biak di tempat yang lembap dan banyak genangan air.

Untuk membasmi nyamuk, banyak orang yang menggunakan obat nyamuk yang memiliki kandungan bahan kimia, dan tentunya memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh, kalau kita sering menghirup udara yang bercampur obat nyamuk itu.

Tak perlu khawatir dengan efek samping obat nyamuk, Sahabat Fimela bisa mengusir nyamuk dengan bahan alami tanpa menggunakan obat nyamuk. Berikut tips mengusir nyamuk tanpa obat, dilansir dari Bola.com:

Jenis Nyamuk yang Berbahaya

Nyamuk Aedes Aegypti

Jenis nyamuk yang berbahaya yang pertama, yaitu nyamuk Aedes Aegypti, yang sering muncul disaat musim hujan dan berkembang biak di dalam genangan air. Nyamuk ini bisa menularkan penyakit demam berdarah, penyakit kuning, virus zika dan chikungunya.

Ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti adalah memiliki ukuran sepanjang 4 sampai 7mm, dengan garis putih yang ada di tubuh dan kakinya. Nyamuk ini beraktivitas di pagi hingga siang hari.

Nyamuk Aedes Albopictus

Aedes albopictus adalah jenis nyamuk yang berbahaya, yang memiliki nama lain asian tiger mosquito. Nyamuk ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan nyamuk aedes aegypti. Hanya saja ukuran nyamuk lebih kecil yaitu 2 sampai 6mm.

Nyamuk ini berbahaya karena bisa menularkan penyakit demam berdarah, demam kuning, chikungunya dan penyakit yang disebabkan virus usutu.

Nyamuk Culex

Nyamuk yang berbahaya yang selanjutnya adalah nyamuk culex. Nyamuk ini hidup di area perairan yang kotor, seperti selokan atau sungai yang kotor. Nyamuk ini bisa hidup di area yang beralasan tanah maupun tidak.

Nyamuk ini biasanya beraktivitas di malam hingga pagi hari, yang bisa menyebarkan penyakit kaki gajah, atau penyakit yang disebabkan virus west nile (WNV).

Nyamuk Psorophora

Jenis nyamuk psorophora adalah nyamuk yang berasal dari negara Amerika. Nyamuk ini memiliki ukuran 6 kali lebih besar daripada nyamuk pada umumnya, yang biasa hidup di siang hingga malam hari.

Tubuh akan terasa seperti ditusuk pisau, jika nyamuk ini menggigit tubuhmu. Nyamuk ini bisa menyebabkan penyakit arbovirus.

Nyamuk Anopheles

Jenis nyamuk yang berbahaya terakhir adalah nyamuk anopheles. Nyamuk ini muncul di pagi hari dan sore hari, yang bisa menularkan penyakit malaria melalui plasmodium yang dibawa nyamuk ini.

Secara umum, plasmodium ada 4 jenis yaitu plasmodium vivax, plasmodium malariae, plasmodium ovale dan plasmodium falciparum. Namun yang terjangkit di Indonesia adalah plasmodium vivax dan plasmodium falciparum.

Tips Mengusir Nyamuk Tanpa Obat dengan Tanaman Alami

1. Lavender

Tips yang pertama yaitu menggunakan tanaman lavender. Lavender bisa memiliki kandungan linalool dan linalyl asetat, yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk. Untuk mengusir nyamuk dengan lavender, kamu bisa menanam tumbuhan ini di sekitar rumah, atau menaruh minyak esensial beraroma lavender di dalam ruangan.

2. Kemangi

Kemangi adalah tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, karena daun ini memiliki senyawa menyengat yang tidak disukai nyamuk. Caranya dengan menaruh daun kemangi yang sudah dicuci bersih di sarang nyamuk, seperti sudut rumah, gantungan baju, kamar tidur dan sebagainya.

3. Serai

Tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk yang terakhir yaitu serai. Serai bisa dibakar agar aromanya menyengat, lalu taruh di wadah kaca atau keramik dan tempatkan di area rumah yang memiliki banyak nyamuk.

 

 

Tips Mengusir Nyamuk Tanpa Obat yang Lainnya

4. Ampas Kopi

Tips yang selanjutnya adalah menggunakan ampas kopi. Kamu bisa menuangkan ampas kopi di ruangan yang menjadi sarang nyamuk, atau gunakan bubuk kopi sebagai pengharum ruangan, yang aromanya tidak disukai nyamuk.

5. Gunakan Kelambu

Walaupun seperti seorang bayi, tetapi menggunakan kelambu bisa membantu mengusir nyamuk dan terhindar dari gigitan nyamuk pada orang dewas. Kelambu adalah jenis kain yang memiliki lubang kecil-kecil. Selain bisa mengusir nyamuk, kelambu juga bisa membuat tempat tidurmu terlihat lebih cantik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading