Sukses

Lifestyle

7 Tanda Tubuh Kelebihan Berat Badan yang Perlu Diwaspadai

Tanda berat badan naik bisa diamati dari bagian penopang tubuh yang sudah kuwalahan. Salah satunya bagian pinggang dan lutut. Seseorang yang kerap mengalami nyeri pinggang dan lutut tanpa alasan, waspadai ini tanda berat badan naik.

Selain itu, tanda berat badan naik bisa dirasakan oleh sistem pencernaan. Perut yang cepat merasa lapar merupakan indikasi tanda berat badan naik. Lalu tubuh akan merasa cepat lelah, sesekali sesak napas, dan tanda berat badan naik paling familiar adalah mengorok.

Hal-hal yang sudah disebutkan hanya sebagian kecil tanda berat badan naik. Agar tanda berat badan naik bisa diketahui lebih akurat, lakukan perhitungan indeks massa tubuh (IMT). Ingat, kelebihan berat badan sebaiknya tidak disepelekan karena bisa mengarah pada obesitas dan juga berdampak terhadap kesehatan tubuh. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 7 tanda tubuh kelebihan berat badan yang perlu diwaspadai. Ulasan ini bisa menjadi peringatan awal agar kamu semakin peduli dengan kesehatan dan berat badan yang ideal. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Mengalami Nyeri Pinggang dan Lutut

Lutut dan pinggang merupakan bagian terpenting dari penopang tubuh. Semakin berat suatu tubuh maka semakin berat beban yang harus ditopang oleh pinggang dan lutut. Tanda berat badan naik adalah merasa nyeri di bagian pinggang dan lutut. Jika merasa nyeri pada pinggang/lutut terutama saat berdiri lama atau berjalan, mungkin berat badan berlebih yang menjadi penyebabnya.

Mengorok saat Tidur

Berat badan berlebih menyebabkan akumulasi lemak di bagian tubuh tertentu seperti leher, perut, paha, dan sebagainya. Tanda berat badan naik adalah bikin mengorok. Akumulasi lemak di sekitar leher akan mempersempit saluran napas.

Hal ini dapat menyebabkan timbulnya tanda berat badan naik seperti mengorok saat tidur atau bahkan sleep apnea.  Sleep apnea merupakan suatu keadaan di mana terhentinya napas secara tiba-tiba saat tidur, biasanya sekitar 10 detik atau lebih.

Mudah Merasa Lapar

Tanda kelebihan berat badan yang paling umum adalah cepat merasa lapar. Makanan yang tidak sehat dan tinggi gula atau karbohidrat membuat seseorang merasa ingin makan terus dan “ketagihan.” Sedangkan makanan kaya serat, protein, dan lemak tak jenuh (lemak sehat) membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tanda berat badan naik seperti cepat lapar juga merupakan gejala resistensi insulin atau diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh kegemukan dalam waktu lama.

Hypothyroidism

Hormon tiroid dapat memengaruhi berat badan manusia. Jika kadar hormon tiroid terlalu rendah, maka proses metabolisme dalam tubuh akan melambat dan berpotensi meningkatkan berat badan.

Tanda tubuh mengalami kelebihan berat badan adalah mengalami hypothyroidsm. Umumnya, gejala hypothyroid lebih banyak terjadi di masyarakat dengan mengakibatkan seseorang tetap mengalami penambahan berat badan meskipun telah melakukan diet yang benar. 

Kurangnya hormon thyroid pada tubuh akan mempengaruhi sistem metabolisme dalam membakar energi. Inilah mengapa hypothyroidsm termasuk tanda berat badan naik. Hal ini seringkali menyebabkan tubuh mudah lelah, lesu hingga mempengaruhi mood bahkan menjadi depresi.

Pakaian Menjadi Lebih Sempit

Tanda berat badan naik adalah pakaian mulai terasa lebih sempit dari biasanya. Jika merasa pakaian yang biasa dipakai lebih sempit inilah tanda kegemukan. Jenis pakaian yang paling kentara merasakan tanda berat badan naik adalah celana. Hal ini karena bagian tubuh yang pertama membesar sebagai tanda berat badan naik, yakni perut, pinggul, dan paha.

Mudah Merasa Lelah

Jika masih dalam rentang usia produktif dan tidak memiliki masalah jantung tetapi mudah merasa lelah saat beraktivitas ringan, ini tanda kamu mengalami kelebihan berat badan. Kegiatan yang bikin lelah misalnya saat naik tangga atau melakukan pekerjaan rumah. Inflamasi atau proses peradangan di dalam tubuh akibat lemak yang berlebihan lah yang menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemah.

Sesak Napas

Terakhir, tanda tubuh mengalami kelebihan berat badan adalah sesak napas. Jika ada orang yang mudah terengah-engah saat beraktivitas, itu tanda berat badan naik atau kelebihan berat badan. Melansir dari boldsky.com, kelebihan berat badan dan lemak menciptakan tekanan pada sistem kardiovaskular dan mencegah pasokan oksigen yang cukup untuk bernapas. Inilah yang menyebabkan sesak napas dan menjadi tanda berat badan naik sesungguhnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading