Sukses

Lifestyle

10 Penyebab Hape Lemot yang Bikin Emosi Saat Dibutuhkan

Fimela.com, Jakarta Memiliki hape yang lemot tentu akan menghambat semua aktivitas kita yang berkaitan dengan smartphone yang kita gunakan. Meski memiliki sinyal seluler atau Wifi yang kencang jika hape kamu lemot tentu juga akan sulit untuk melakukan pencarian lainnya.

Ketika hape berjalan lebih lambat dari biasanya, akan membuat kamu frustasi. Apalagi jika hal tersebut terjadi tiba-tiba maka akan membuat kamu kesulitan. Hal ini mungkin dikarenakan beberapa applikasi yang membutuhkan waktu browsing lebih lambat atau pemakaian hape yang sudah lama.

Beberapa applikasi juga menjadi pengaruh dari hape yang kamu gunakan menjadi lemot. Untuk itu kamu juga perlu tahu apa saja yang menyebabkan hape lemot. Berikut di bawah ini beberapa penyebab hape lemot yang sering kamu alami:

1. Perangkat Keras

Perangkat keras pada smartphone sering dianalogikan dengan analogi manusia. Tubuh manusia akan melambat setelah usia tertentu dan behenti berfungsi dengan baik dan aktif, hal ini juga sama akan terjadi pada perangkat keras. Jika prosesor bekerja paling baik pada suhu tertentu dan akan terlalu panas saat suhu naik, kinerja prosesor juga akan menurun.

2. Kerusakan Bagian Perangkat Keras

Perangkat keras pada hape dapat rusak karena terjatuh, tertimpa, terkena cairan. Mengalami lonjakan daya, memaksa kabel masuk ke port yang salah, dan lain sebagainya. Bahkan sebagai akibat dari hal ini beberapa bagian perangkat keras akan menjadi longgar dan berhenti berfungsi dengan benar.

3. Peningkatan dan Pembaruan Sistem

Setelah beberapa bulan atau tahun menggunakan ponsel yang baru, biasanya kamu akan menerima pembaharuan dan peningkatan sistem. Pembaruan ini akan bermanfaat bagi kinerja sistem dan memperbaiki beberapa masalah yang berkaitan dengan kinerja, keamanan, kegunaan, dan lain sebagainya, meskipun terkadang akan meningkatkan ukuran memori.

Hal ini akan berakibat pada sistem yang menghabiskan lebih banyak kapasitas operasi dan mengonsumsi lebih banyak daya dan membuat sistem terbebani serta tidak bekerja dengan baik.

4. Instalasi Applikasi Pihak Ketiga

Saat kamu membeli smartphone maka akan memiliki akses ke beberapa applikasi. Kamu akan memerlukan applikasi tambahan saat menggunakan dan terus menginstall beberapa applikasi yang kamu butuhkan.

Jika kamu memiliki banyak applikasi maka akan memakan ruang dan dapat menurunkan sistem. Applikasi akan menghabiskan lebih banyak sumber data sistem.

5. Proses Latar Belakang

Smartphone mungkin akan sangat umum jika terdapat 30 hingga 40 applikasi yang diinstall di dalamnya. Hal ini terkadang akan menghabiskan lebih banyak sumber daya sistem seperti CPU dan RaM, serta baterai. Applikasi latar belakang atau background termasuk applikasi media sosial, browser web, applikasi email, dan lainnya juga akan mengambat pencarian.

6. Fragmentasi Penyimpanan Seluler

Fragmentasi penyimpanan seluler adalah salah satu penyebab utama ponsel dan komputer kamu akan melambat. Fenomena fragmentasi akan terjadi ketika operasi penulisan yang salah dilakukan. Fragmentasi juga akan mengacu terhadap memori yang tidak digunakan. Dalam proses penyimpanan, jika sebuah proses besar datang maka akan dipecah dan disimpah di berbagai bagian memori.

7. Penggunaan Wallpaper Animasi

Jika kamu memiliki prosesor yang kurang baik dan baterai mAh yang lebih sedikit maka wallpaper hidup dan wadget dengan resolusi tinggi akan memperlambat hape kamu.

8. Degradasi Memori

OEM menggunakan memori flash NAND karena akan lebih murah dan cepat. Tetapi jenis memori ini akan menurun dengan seiring waktu, ada beberapa faktor degradasi seperti seberapa sering kamu menggunakan ponsel, kualitas memori yang dipasang, dan lainnya.

9. Sisa Penyimpanan Internal Sedikit

Jika tidak ada cukup ruang untuk menyimpan data dan applikasi di ponsel kamu, hal ini akan menyebabkan kinerja yang melambat.

10. RAM tidak Cukup

Jika kamu memiliki ponsel dengan kapasistas yang lebih kecil saat menjalankan applikasi berat maka akan memperlambat ponsel kamu. Yang kita tahu bahwa saat ini smartphone memiliki pekerjaan multitasking, jika RAM tidak mencukupi maka akan melakukan satu tugas pada satu waktu dan menghentikan applikasi lainnya.

Banyak cara agar hape kamu tidak cepat lemot, seperti memilih applikasi yang kamu butuhkan dan menghapus beberapa applikasi yang jarang kamu gunakan. Ada baiknya jika kamu merawat ponsel dengan baik dan benar agar masa pakai hape menjadi lebih lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading